Rusia Gagal Lumpuhkan Sistem Pertahanan Udara Ukraina

Kamis, 01 Juni 2023 - 00:51 WIB
loading...
Rusia Gagal Lumpuhkan Sistem Pertahanan Udara Ukraina
Sistem rudal Patriot buatan AS adalah salah satu sistem pertahanan udara yang dimiliki Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Intelijen Inggris melaporkan Rusia menargetkan sistem pertahanan udara Ukraina yang ditingkatkan sebagai bagian dari serangannya terhadap negara itu. Namun upaya itu tampaknya tidak banyak berpengaruh.

"Rusia memiliki sedikit keberhasilan dalam kemungkinan tujuannya untuk menetralisir peningkatan pertahanan udara Ukraina dan menghancurkan pasukan serangan balik Ukraina," kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam pembaruan intelijennya seperti dikutip dari Insider, Kamis (1/6/2023).

Dalam pembaruan terbarunya, Kementerian Pertahanan Inggris menggambarkan serangkaian serangan udara baru-baru ini di Ukraina.

“Selama Mei 2023, Rusia telah meluncurkan 20 serangan malam satu arah dengan kendaraan udara tanpa awak dan serangan rudal jelajah jauh di dalam Ukraina,” katanya.



Rusia baru-baru ini meningkatkan serangan drone dan misilnya ke kota-kota Ukraina yang jauh dari garis depan, yang menurut Ukraina telah mengakibatkan kematian warga sipil.

Tetapi Kementerian Pertahanan Inggris menggambarkan Rusia sebaliknya berfokus pada reaksi terhadap gerakan Ukraina daripada proaktif dalam perangnya.

"Sejak awal Mei 2023, Rusia semakin menyerahkan inisiatif dalam konflik dan bereaksi terhadap tindakan Ukraina daripada secara aktif maju menuju tujuan perangnya sendiri," katanya.

Kementerian Pertahanan Ingris awal bulan ini mengatakan bahwa prioritas baru Rusia adalah menargetkan pertahanan udara, setelah dipermalukan oleh Ukraina yang menembak jatuh beberapa rudal Kinzhal yang sebelumnya dibanggakan tidak dapat dihentikan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)