NATO Akan Kerahkan Pasukan Tambahan ke Kosovo

Rabu, 31 Mei 2023 - 13:00 WIB
loading...
NATO Akan Kerahkan Pasukan Tambahan ke Kosovo
NATO Akan Kerahkan Pasukan Tambahan ke Kosovo. FOTO/Reuters
A A A
BEOGRADE - NATO mengumumkan akan mengerahkan pasukan tambahan ke Kosovo . Langkah ini diambil sebagai tanggapan atas bentrokan antara pasukan Penjaga Perdamaian NATO dengan warga Serbia di Kosovo. Bentrokan ini mencederai 30 tentara.

''NATO telah mengarahkan pengerahan Pasukan Cadangan Operasional (ORF) untuk Balkan Barat, yang berada dalam status kesiapan untuk dikerahkan selama tujuh hari,'' menurut sebuah pernyataan dari Komando Pasukan Gabungan NATO Napoli, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (30/5/2023).



Aliansi tersebut mengatakan, pengerahan itu adalah langkah untuk memastikan bahwa misi penjaga perdamaian NATO di Kosovo (KFOR) memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menjaga keamanan.

"Saya ingin memuji KFOR karena mengambil tindakan cepat, terkendali, dan profesional untuk campur tangan guna menghentikan kerusuhan dan menyelamatkan nyawa,” kata Laksamana Stuart B. Munsch, komandan Komando Pasukan Gabungan Sekutu Napoli (JFC Napoli).

“Kekerasan harus dihentikan, dan semua pihak harus berhenti mengambil tindakan untuk merusak perdamaian di setiap dan semua komunitas Kosovo,” lanjutnya.

Sebelas tentara Italia dan 19 Hongaria dengan KFOR menderita banyak luka, termasuk patah tulang dan luka bakar dari alat pembakar bahan peledak improvisasi. Sementara 3 tentara Hongaria juga terluka oleh senjata api, tetapi luka mereka tidak mengancam jiwa.



Personel yang terluka saat ini dalam pengawasan di fasilitas kesehatan. Laporan sebelumnya menyebutkan 25 tentara terluka. Sementara lebih dari 53 warga sipil terluka akibat bom kejut dan gas air mata, menurut sumber rumah sakit.

“Satu orang menjalani operasi dan dalam perawatan intensif,” kata Zlatan Elek, Direktur Pusat Rumah Sakit Klinik di Mitrovica, sebuah kota yang didominasi orang Serbia yang mengalami bentrokan.

Ketegangan mencengkeram Kosovo dengan pengunjuk rasa dan pasukan keamanan bentrok di kota-kota yang didominasi Serbia utara atas pemilihan walikota etnis Albania. Orang Albania adalah kelompok etnis terbesar di Kosovo, diikuti oleh orang Serbia, terutama di utara, dekat perbatasan dengan Serbia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2669 seconds (0.1#10.140)