Bentrok dengan Demonstran di Kosovo, 25 Tentara Penjaga Perdamaian NATO Terluka

Selasa, 30 Mei 2023 - 06:00 WIB
loading...
Bentrok dengan Demonstran di Kosovo, 25 Tentara Penjaga Perdamaian NATO Terluka
Bentrok dengan Demonstran di Kosovo, 25 Tentara Penjaga Perdamaian NATO Terluka. FOTO/Reuters
A A A
BEOGRADE - Sedikitnya 25 tentara misi Penjaga Perdamaian Internasional pimpinan NATO di Kosovo (KFOR) terluka pada Senin (29/5/2023). Mereka terluka dalam bentrokan dengan demonstran Serbia.

"Saat melawan kerumunan paling aktif, beberapa tentara dari kontingen KFOR Italia dan Hongaria menjadi sasaran serangan tak beralasan dan mengalami luka trauma berkelanjutan dengan patah tulang dan luka bakar akibat ledakan alat pembakar," kata sebuah pernyataan dari KFOR.



Seperti dilaporkan Anadolu Agency, personel pasukan Penjaga Perdamaian NATO yang terluka, saat ini sedang dalam pengawasan di fasilitas kesehatan. Di antara tentara yang terluka adalah 11 orang Italia, kantor berita ANSA melaporkan, mengutip sumber resmi.

“Tiga warga negara Italia dikatakan berada dalam “kondisi serius” tetapi tidak mengancam jiwa," kata Menteri Luar Negeri Italia, Antonio Tajani.

Sementara Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni mengutuk serangan terhadap misi NATO. Ia menyebutnya "benar-benar tidak dapat diterima dan tidak bertanggung jawab."

"Kami tidak akan mentolerir serangan lebih lanjut terhadap KFOR. Sangat penting untuk menghindari tindakan sepihak lebih lanjut oleh otoritas Kosovar dan bahwa semua pihak yang terlibat segera mengambil langkah mundur, berkontribusi untuk meredakan ketegangan,” tegasnya.



“Komitmen Pemerintah Italia terhadap perdamaian dan stabilitas di Balkan Barat maksimal dan kami akan terus bekerja dengan sekutu kami," lanjutnya dalam tweet.

Sementara itu, lebih dari 53 warga sipil menderita luka akibat bom kejut dan gas air mata, kata sumber rumah sakit. “Satu orang menjalani operasi dan dalam perawatan intensif,” kata Zlatan Elek, Direktur Pusat Rumah Sakit Klinik di Mitrovica, sebuah kota yang didominasi Serbia yang menjadi tempat bentrokan.

Jerman dan Amerika Serikat mengutuk insiden kekerasan di wilayah tersebut. "Kami mengutuk sekeras-kerasnya serangan kekerasan yang tidak dapat diterima di utara Kosovo sore ini, yang menyebabkan puluhan tentara KFOR/NATO dan beberapa warga sipil terluka,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Jerman.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)