Erdogan Menang Pilpres Turki, Raja Salman Cs Ucapkan Selamat

Senin, 29 Mei 2023 - 07:11 WIB
loading...
Erdogan Menang Pilpres Turki, Raja Salman Cs Ucapkan Selamat
Presiden Recep Tayyip Erdogan menang pilpres Turki, yang membuatnya berkuasa lagi untuk periode ketiga. Para pemimpin Arab, termasuk Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi, mengucapkan selamat. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Presiden Recep Tayyip Erdogan telah memenangkan putaran kedua pemilihan presiden (pilpres) Turki, yang membuatnya berkuasa lagi untuk periode ketiga. Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Arab Saudi dan para pemimpin Arab lainnya mengcapkan selamat.

Dalam pemungutan suara yang digelar hari Minggu, Erdogan menang dengan meraih 52,14 persen suara. Sedangkan rivalnya, Kemal Kilicdaroglu, meraih 47,86 persen suara.

Raja Salman melalui kabel diplomatik menyampaikan ucapan selamat kepada pemimpin Turki tersebut, sebagaimana dikutip Al Arabiya, Senin (29/5/2023).



"Pada kesempatan pemilihan kembali Yang Mulia untuk masa jabatan presiden yang baru, kami dengan senang hati mengirimkan ucapan selamat yang tulus dan harapan terbaik untuk sukses dan kemajuan lebih lanjut dan kemakmuran untuk saudara-saudara Turki. Kami memuji pada kesempatan ini hubungan persaudaraan yang mengikat kedua negara dan bangsa yang bersaudara, yang kami perkuat dan kembangkan di segala bidang," bunyi ucapan dari Raja Salman.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman juga mengirim pesan ucapan selamat.

"Pada kesempatan pemilihan kembali Yang Mulia untuk masa jabatan presiden yang baru, saya dengan senang hati mengirimkan ucapan selamat yang tulus dan harapan terbaik untuk sukses, dan kemajuan lebih lanjut untuk saudara-saudara Turki," katanya.

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya.



Menurut kantor berita QNA, Sheikh Tamim berharap Erdogan sukses untuk masa jabatan baru guna mewujudkan aspirasi rakyat Turki dalam kemajuan dan kemakmuran.

Pemimpin Qatar juga berharap hubungan yang kuat dari kedua negara.

Pemimpin Oman, Sultan Haitham bin Tariq al-Said, turut mengirim telegram ucapan selamat kepada Erdogan.

Tak ketinggalan, Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed menyampaikan ucapan selamat via Twitter. "Selamat kepada [Erdogan] atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Turki. Kami berharap dapat bekerja sama untuk lebih meningkatkan kemitraan strategis antara kedua negara kami, dan kami berharap kemajuan dan kemakmuran yang berkelanjutan bagi Turki dan rakyatnya," tulis Sheikh Mohamed.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)