8 Penyebab Erdogan Diprediksi Menang pada Pemilu Presiden Putaran Kedua

Jum'at, 26 Mei 2023 - 13:42 WIB
loading...
A A A
Dia mengekang mencabut aturan yang melarang perempuan konservatif mengenakan jilbab di sekolah dan kantor pemerintah. Untuk lebih menggalang pendukung konservatifnya, Erdogan menuding Kilicdaroglu dan oposisi mendukung hak LGBTQ yang “menyimpang”.

3. Mengerahkan Sumber Daya Pemerintah

8 Penyebab Erdogan Diprediksi Menang pada Pemilu Presiden Putaran Kedua

Foto/Reuters

Erdogan telah mengerahkan sumber daya pemerintah untuk keuntungan politiknya. Dia menghabiskan banyak uang untuk infrastruktur untuk menyenangkan konstituen.

4. Menguasai Media

Erdogan menguasai berbagia media massa di Turki.

Dengan menguasai media, maka pemberitaan tentang kandidat kubu oposisi pun melemah. Janji Kilicdaroglu untuk memperbaiki ekonomi dan menegakkan hak-hak perempuan untuk mengenakan jilbab di sekolah sama sekali tidak berbunyi.

“Kilicdaroglu mengubah citra partai (oposisi), tetapi Erdogan mengendalikan narasinya, jadi ada faktor ketakutan di kalangan perempuan konservatif yang mengenakan jilbab bergaya Islami, kata Gonul Tol, seorang analis di Institut Timur Tengah di Washington. “Mereka percaya bahwa jika oposisi berkuasa, mereka akan menjadi lebih buruk," imbuhnya.

Setelah partai pro-Kurdi Turki mendukung Kilicdaroglu, Erdogan menggambarkan oposisi didukung oleh “teroris” Kurdi. Upaya oposisi untuk membantahnya jarang disiarkan oleh media yang menjadi arus utama.

"Erdogan sangat cermat mencalonkan diri untuk meraih kemenangan yang mencakup bersandar pada lembaga negara, bersandar pada kontrol informasi,” kata Soner Cagaptay, pakar Turki di Institute Washington dan seorang penulis buku tentang Erdogan. “Media mengalihkan perdebatan ke bagaimana Turki menjadi raksasa militer industri di bawah pemerintahannya. Dan itu ternyata berhasil,” kata Cagaptay.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)