3 Penyebab Angkatan Laut Rusia Tak Banyak Berkiprah dalam Perang Ukraina

Kamis, 25 Mei 2023 - 14:13 WIB
loading...
A A A
“Anda telah melihat keefektifan Rusia dari (domain) maritim telah menurun. Alasan karena bahwa Ukraina telah menjadi lebih baik menggunakan senjata yang kami berikan kepada mereka, ”kata Kepala Operasi Angkatan Laut Amerika Serikat Laksamana Michael Gilday, dilansir Breaking Defense. Dia memuji bahwa Ukraina mampu menghentikan manuver Rusia untuk menempatkan diri mereka pada posisi yang lebih baik.



2. Disiapkan untuk Strategi Berikutnya

3 Penyebab Angkatan Laut Rusia Tak Banyak Berkiprah dalam Perang Ukraina

Foto/Reuters

Sebastian Bruns, seorang peneliti di Institut Kebijakan Keamanan di Universitas Kiel dan pernah menjadi profesor tamu di Akademi ALAS, AL Rusia akan dimanfaatkan setelah banyak tentara Rusia lainnya yang mengalami kelelahan. AL Rusia akan menjadi pemain penting berikutnya pada perang Ukraina-Rusia. Hal itu memang sengaja dilakukan Rusia agar tak semua tentara mengalami kejenuhan dalam berperang.

“AL Rusia dapat muncul sebagai cabang yang paling tidak terluka. AL Rusia menyediakan cadangan di mana saja mulai dari garis depan hingga menciptakan sakit kepala bagi Barat selama bertahun-tahun yang akan datang, di dalam dan sekitar Eropa, dan di tempat lain,” kata John Cunningham, Kepala Evaluasi Senjata dan Jaminan Kemampuan (WECA) di Kementerian Pertahanan Inggris. Untuk mengantisipasinya, Jerman mengirimkan kapal selamnya untuk mencegah Armada Laut Hitam Rusia.

3. Kekurangan Stok Misil

3 Penyebab Angkatan Laut Rusia Tak Banyak Berkiprah dalam Perang Ukraina

Foto/Reuters

Dmitry Gorenburg, seorang peneliti senior di Pusat Analisis Angkatan Laut (CNA), mengatakan bahwa AL Rusia telah direduksi menjadi sesekali menembakkan rudal berpemandu presisi energi Ukraina dan infrastruktur penting lainnya.

Kenapa?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)