3 Penyebab Angkatan Laut Rusia Tak Banyak Berkiprah dalam Perang Ukraina

Kamis, 25 Mei 2023 - 14:13 WIB
loading...
3 Penyebab Angkatan Laut Rusia Tak Banyak Berkiprah dalam Perang Ukraina
Angkatan Laut Rusia tidak memiliki banyak perang dalam melancarkan serangan ke Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Angkatan Laut (AL) Rusia dikenal dunia militer sebagai salah satu terbaik di dunia. Namun, dalam perang Ukraina-Rusia yang sudah berlangsung satu tahun lebih justru AL Rusia tidak menunjukkan kiprah yang menonjol.

Ada apa dengan AL Rusia?

Faktanya, perang Ukraina-Rusia memang sebagian besar terjadi di darat dan langit. Sebenarnya, pada tahun pertama, ada keterlibatan AL Rusia pada tahun pertama. Tetapi, ketika perang Rusia memasuki tahun keduanya, tapi AL Rusia justru tidak terdengar.

Berikut 3 alasan kenapa AL Rusia tidak memiliki kontribusi besar dalam perang Ukraina-Rusia.



1. Ukraina Mampu Menyerang Armada Laut Hitam Rusia

3 Penyebab Angkatan Laut Rusia Tak Banyak Berkiprah dalam Perang Ukraina

Foto/Reuters

Yang terbaru, kapal perang Rusia Ivan Hurs diserang speedboat tanpa awak milik Ukraina di Laut Hitam pada Rabu (24/5/2023). Melansir Daily Mail, kapal tersebut merupakan salah satu alat tempur modern yang dimiliki Rusia.

Sebelumnya, setidaknya terdapat enam kali serangan Ukraina terhadap armada AL Rusia. Umumnya, serangan tersebut menggunakan pesawat nirawak. Salah satu kapal perang yang ditenggelamkan Ukraina adalah Moskwa pada 13 April 2022.

Salah satu keberhasilan strategis yang kurang dihargai tetapi sangat vital bagi Ukraina adalah keberhasilan Kiev dalam meredam dan melemahkan posisi Armada Laut Hitam Rusia. Itu dikarenakan misil bantuan asing yang digunakan tentara Ukraina bisa melancarkan serangan bebas dari lepas pantai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)