Lagi, Turki Sukses Uji Rudal Balistik Canggih Tayfun Buatan Sendiri

Rabu, 24 Mei 2023 - 03:35 WIB
loading...
Lagi, Turki Sukses Uji Rudal Balistik Canggih Tayfun Buatan Sendiri
Turki, untuk kedua kalinya, sukses menguji coba rudal balistik Tayfun buatan sendiri pada Selasa (23/5/2023). Foto/DHA Photo
A A A
ANKARA - Turki telah sukses menguji coba rudal balistik canggih Tayfun pada Selasa (23/5/2023). Ini adalah uji coba yang kedua dari rudal buatan dalam negeri tersebut setelah keberhasilan tes yang pertama pada Oktober 2022.

Tes senjata ini dilakukan oleh produsen misil Turki; Roketsan, di provinsi Rize di kawasan Laut Hitam negara tersebut. Mengutip laporan Daily Sabah, misil ini diluncurkan dari platform mobile.

Uji coba kedua rudal Tayfun dilakukan beberapa hari sebelum Turki menggelar putaran kedua pemilihan presiden yang menegangkan.



Kepala Kepresidenan Industri Pertahanan (SSB) Ismail Demir mengucapkan selamat kepada tim yang terlibat dalam proyek rudal tersebut.

Pada uji coba pertama Oktober lalu, rudal Tayfun berhasil menghantam target dari jarak 560 kilometer.

Selain Tayfun, Turki juga mengembangkan rudal balistik Cenk yang telah diumumkan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Gambar rudal Cenk pertama kali ditampilkan oleh kepala SSB pada 12 Mei 2023. Cenk lebih besar dari rudal Bora dan Tayfun.

Sekadar diketahui, Roketsan adalah pengembang terkemuka sistem rudal dan roket.

Perusahaan ini telah mengembangkan beberapa jenis amunisi pintar yang ditembakkan dari kendaraan udara tempur tak berawak (UCAV) Bayraktar TB2 Turki di beberapa zona perang, termasuk Suriah, Nagorno-Karabakh dan Ukraina, menghancurkan beberapa peralatan militer musuh—mulai dari tank, howitzer, hingga sistem pertahanan udara.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)