Dicap sebagai Ancaman Terbesar, China Meradang

Selasa, 23 Mei 2023 - 17:41 WIB
loading...
Dicap sebagai Ancaman Terbesar, China Meradang
Dicap sebagai ancaman terbesar, China meradang. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Negara-negara G7 tidak akan dapat mengelabui dunia agar percaya bahwa Beijing merusak stabilitas global. Hal itu diungkapkan juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying.

Dalam serangkaian postingan di Twitter, Hua mengecam sikap seperti itu

“Beberapa anggota G7 menyebut China sebagai ‘ancaman terbesar bagi keamanan dan kemakmuran global’. Serius?" cuitnya seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (23/5/2023).

Dia tampaknya merujuk pada pernyataan Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak, yang mengatakan selama pertemuan puncak kelompok itu di Hiroshima, Jepang.

“China menimbulkan tantangan terbesar bagi keamanan dan kemakmuran global di zaman kita,” kata PM Inggris itu saat menyerukan untuk mengurangi ketergantungan pada rantai pasokan China.

Dia menambahkan bahwa Inggris dan G7 mengambil langkah-langkah untuk mencegah Beijing menggunakan paksaan ekonomi untuk mencampuri urusan kedaulatan pihak lain.



“Jika China adalah ancaman, lalu apa sebutan bagi anggota G7 yang berperang melawan negara berdaulat, menggulingkan pemerintah asing yang sah, keluar dari perjanjian multilateral, dan memaksa negara lain untuk memutuskan rantai pasokan?” tanya Hua retoris.

Juru bicara kementerian luar negeri China itu melanjutkan untuk menekankan tempat China sebagai mesin No.1 ekonomi global, dan bahwa Beijing berkontribusi terhadap pertumbuhan global lebih dari gabungan semua anggota G7 sekaligus menjadi donor terbesar kedua untuk dana pemeliharaan perdamaian PBB.

“Dunia nyata tidak akan dicuci otak dan dibodohi,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2276 seconds (0.1#10.140)