Akui Ada Kesalahan Rp45 Triliun dalam Bantuan Ukraina, Gedung Putih Malah Anggap Kabar Baik

Selasa, 23 Mei 2023 - 14:02 WIB
loading...
Akui Ada Kesalahan Rp45 Triliun dalam Bantuan Ukraina, Gedung Putih Malah Anggap Kabar Baik
Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan memberikan penjelasan untuk kesalahan akuntansi besar-besaran yang baru-baru ini terlihat dalam bantuan Amerika Serikat (AS) ke Ukraina.

Dia beralasan kesalahan tersebut sebenarnya adalah kabar baik, karena itu berarti lebih banyak dolar pajak Amerika dapat dikirim ke Kiev.

Selama wawancara dengan Jake Tapper CNN pada Minggu (21/5/2023), Sullivan ditekan untuk menjelaskan "pengakuan aneh" Pentagon bahwa mereka telah menemukan tambahan USD3 miliar (Rp45 triliun) dalam anggaran bantuan Washington untuk Ukraina, dengan menyebutnya "kesalahan akuntansi yang luar biasa."

Ditanya apakah kesalahan itu menunjukkan kurangnya pengawasan untuk 37 pengiriman senjata terpisah dan bantuan lain yang dikirim ke Kiev sejak tahun lalu, pejabat senior Gedung Putih itu bersikeras, “Pada akhirnya, tidak satu sen dolar AS pun akan hilang atau telah salah dialokasikan.”

“Itu bukan pemborosan USD3 miliar itu. Ini hanyalah penghitungan berapa banyak peralatan militer yang telah kami berikan kepada mereka. Dan cara Pentagon menghitungnya adalah berapa biaya penggantian peralatan yang kami sediakan, bukan hanya biaya sebenarnya dari peralatan itu,” ujar Sullivan.



Dia menjelaskan, “Setelah Anda melakukan penyesuaian itu, ternyata kami memiliki tambahan USD3 miliar yang dapat kami keluarkan untuk menyediakan lebih banyak senjata ke Ukraina.”

Dia mengakui Pentagon seharusnya memberikan angka yang benar "dalam hal akuntansi di awal," tetapi berpendapat pembayar pajak AS dapat yakin bahwa, "Uang ini dibelanjakan secara efektif dan tepat."

Pengakuan kesalahan akuntansi yang cukup besar pekan lalu menyusul kritik berulang dari beberapa anggota parlemen Partai Republik (GOP) atas bantuan militer AS ke Ukraina, yang telah mencapai USD37 miliar sejak konflik dengan Rusia meningkat tahun lalu.

Kamis lalu, 19 perwakilan GOP dan senator menulis surat kepada Presiden AS Joe Biden mendesak diakhirinya sumbangan ke Kiev, mengutip ketegangan berbahaya dengan Moskow.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)