6 Fakta King Maker Pemilu Turki, Akhirnya Jadi Pendukung Erdogan

Selasa, 23 Mei 2023 - 10:18 WIB
loading...
A A A
Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan 3,6 juta pengungsi Suriah bertahan di Turki.

3. King Maker

Dengan dukungan 2,8 juta orang yang memilih Ogan pada pemilu presiden putaran pertama, itu menjadi hal krusial bagi kandidat presiden yang mampu mendapatkan dukungannya.

Baca Juga: 6 Mahasiswa UNAIR Raih Penghargaan Best Sosial Project di Istanbul Youth Summit

4. Menentang terorisme


Keputusan mendukung Erdogan, menurut Ogan, tidak lepas karena prinsip melawan terorisme.

Turki masih berperang melawan pemberontak Kurdi yang melancarkan teror.

5. Mendukung Erdogan

Sebelum menyatakan dukungan bagi Erdogan, Ogan sebelumnya mengatakan akan mendukung Kilicdaroglu dari Partai Demokratik Takyat (HDP).

Namun, Ogan justru mengalihkan dukungan kepada Erdogan. “Sangat penting presiden terpilih sama dengan kepemimpinan di parlemen. Aliansi Kilicdaroglu tidak mampu sukses melawan Aliansi Rakyat yang telah berkuasa selama 20 tahun dan tak mampu membangun perspektif untuk menyakinkan kita tentang masa depan,” kata Ogan.

Menurut Seda Demiralp, pakar politik Turki dari Universitas Isik, dukungan Ogan sudah terlihat dari sebelumnya. “Dia sudah menyatakan mendukung keberlanjutan dan stabilitas. Itu kata kunci pada kampanye Erdogan,” katanya. Dia mengatakan, eksekutif dan legislatif yang didominasi partai yang sama akan mendukung stabilitas. Pilihan Ogan, menurut dia, karena Kilicdaroglu diprediksi akan kalah pada putaran kedua dan menghadapi pertarungan yang sulit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)