Pasukan Putin Klaim Rebut Bakhmut, Seberapa Pentingnya dalam Perang Rusia-Ukraina?

Senin, 22 Mei 2023 - 14:20 WIB
loading...
Pasukan Putin Klaim Rebut Bakhmut, Seberapa Pentingnya dalam Perang Rusia-Ukraina?
Pemimpin tentara bayaran Wagner Group Rusia Yevgeny Prigozhin klaim telah merebut total kota Bakhmut dari pasukan Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Pasukan Moskow mengeklaim telah sepenuhnya merebut kota Bakhmut, Ukraina timur. Sebelumnya, kota ini menjadi salah satu kawasan yang hancur akibat pertempuran panjang antara serdadu Moskow dan Kiev.

Menurut laporan Reuters, klaim Rusia ini muncul pada Sabtu pekan lalu. Merebut Bakhmut menjadi salah satu kemenangan besar bagi Moskow dalam perangnya melawan pasukan Kiev.

Bahkan, Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada para pasukannya yang sudah merebut Bakhmut. Namun, kubu Ukraina membantah klaim tersebut.

Terlepas dari klaim yang saling bertentangan, sebenarnya seberapa pentingkah kota tersebut pada konflik Moskow dan Kiev?



Berpenduduk sekitar 70.000 orang, Bakhmut menjadi salah satu titik pertempuran paling berdarah antara Rusia dan Ukraina selama berbulan-bulan. Terdapat sejumlah alasan yang membuat kota ini cukup penting sehingga menjadikannya target Rusia.

Mengutip Al Jazeera, Senin (22/5/2023), salah satu tujuan utama kedua negara ini memperebutkan Bakhmut terletak dalam aspek simbolis, terutama terkait perjuangan berbulan-bulan di medan tempur.


Arti Kemenangan di Bakhmut bagi Rusia


Kemenangan Rusia atas Bakhmut ini setidaknya menjadi “pelepas dahaga” sementara atas perangnya dengan Ukraina. Setelah rentetan kemajuan di awal invasi, Moskow diketahui mulai menerima serangan balasan Kiev dan kehilangan sejumlah wilayah yang telah dikuasai sebelumnya.

Hilangnya wilayah tersebut terbilang mencoreng nama Rusia. Pada akhirnya, mereka terpaksa menggunakan bantuan kelompok tentara bayaran Wagner Group untuk ikut bertempur.

Jatuhnya kota ini ke tangan Rusia bisa menjadi dorongan moral bagi para pasukannya yang masih bertempur di wilayah lain. Terlebih setelah penantian dalam waktu lebih dari 10 bulan lamanya.

Selain itu, kemenangan di Bakhmut ini secara strategis juga membuka jalan lebih jauh ke arah barat seperti Kramatorsk. Setidaknya, ini langkah bagus untuk mencapai tujuan merebut Donbas secara keseluruhan.


Arti Kejatuhan Bakhmut bagi Ukraina


Beralih ke pihak Ukraina, mereka juga berjuang keras untuk mempertahankan Bakhmut. Bagi pasukannya, kota ini menjadi simbol perlawanan gigih dan sengit dalam menghadapi pasukan Rusia.

Kejatuhan kota ini bisa berujung pukulan telak bagi moral pasukan Ukraina yang telah bertahan sejak invasi Rusia pada Februari 2022 lalu. Maka dari itu, sebisa mungkin mereka terus bertahan menghadapi gempuran serdadu Moskow yang disokong Wagner Group.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)