4 Negara yang Lebih Kuat dari Penjajahnya, Salah Satunya Superpower

Senin, 22 Mei 2023 - 12:52 WIB
loading...
A A A
Jika dibandingkan dengan mantan penjajahnya, Inggris, AS memang lebih unggul dalam segala bidang. Dari segi kekuatan militer,
Inggris menduduki peringkat kelima terbaik di dunia. Meskipun pernah menjadi negara pertama yang menjalankan industrialisasi pada abad 19 dan awal abad 20, Inggris sudah dikalahkan AS saat ini. Inggris hanya menempati peringkat keenam dari segi produk domestik bruto.

2. India

4 Negara yang Lebih Kuat dari Penjajahnya, Salah Satunya Superpower

Foto/Rueters

India menjadi negara besar dan disegani di dunia. Meskipun masih berstatus negara berkembang, India disebut sebagai kekuatan baru yang lebih kuat dan lebih besar dibandingkan bekas penjajahnya, Inggris.

Dari segi militer, India menduduki peringkat keempat terkuat di dunia versi Global Fire Power. Dengan total penduduk 1,3 miliar, India memiliki 1,4 juta tentara aktif. India juga memiliki 2.210 pesawat dan 807 helikopter. Jika dibandingkan dengan Inggris, India masih menjadi pemenang dalam keunggulan militer.

Kemajuan India saat ini juga ditolong karena status sebagai bekas koloni Inggris. London mulai menjajah Inggris pada 1858, tetapi mengenalkan teknologi dan modernisasi pendidikan. Pada 1947, India memerdekakan diri dari Inggris.

Kini, India menjadi negara dengan perekonomian yang paling cepat tumbuh. New Delhi juga menjadi pusat pengembangan industri teknologi informasi. Itu memperbanyak jumlah kelas menengah di India. Berbagai proyek antariksa juga menjadikan India disegani oleh negara lain.

3. Brasil

4 Negara yang Lebih Kuat dari Penjajahnya, Salah Satunya Superpower

Foto/Reuters

Brasil kini menjadi negara besar yang lebih kuat dibandingkan penjajahnya yakni Portugal. Secara militer, Brasil menduduki peringkat ke-15 sebagai negara dengan kekuatan militer yang kuat. Sedangkan Portugal hanya menduduki peringkat ke-41 versi Global Fire Power.

Secara teritorial, Brasil merupakan negara terluka di Amerika Selatan dan terbesar kelima di dunia. Status Brasil saat ini adalah kekuatan menengah di dunia dengan kategori negara yang berkembang. Itu juga dikategorikan sebagai negara industri baru dan menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia dalam kurun waktu 150 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)