Rusia: Bakhmut Telah Dikuasai Sepenuhnya

Minggu, 21 Mei 2023 - 08:14 WIB
loading...
Rusia: Bakhmut Telah Dikuasai Sepenuhnya
Kementerian Pertahanan Rusia mengkonfirmasi klaim pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner yang telah menguasai kota Bakhmut. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia mengkonfirmasi klaim pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner yang telah menguasai kota Bakhmut.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya sepenuhnya telah menguasai kota Bakhmut di Donbass yang strategis, tempat pertempuran yang melelahkan selama berbulan-bulan.

"Operasi di kota yang dikenal orang Ukraina sebagai Bakhmut itu dilakukan oleh tindakan ofensif perusahaan militer swasta Grup Wagner dengan dukungan artileri dan udara dari pasukan reguler Rusia," kata Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (21/5/2023).

Pernyataan pada dini hari itu datang beberapa jam setelah pemimpin grup Wagner Evgeny Prigozhin mengumumkan di media sosial bahwa para pejuangnya telah menguasai kota itu sepenuhnya.



Namun Ukraina membantah bahwa kota itu telah jatuh ke tangan Rusia. Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Anna Malyar mengklaim bahwa pernyataan tentang jatuhnya Bakhmut ke tangan Rusia masih prematur.

“Pertempuran sengit di Bakhmut. Situasinya kritis,” katanya di aplikasi perpesanan Telegram.

“Sampai sekarang, pejuang kami mengendalikan beberapa fasilitas industri dan infrastruktur di daerah tersebut dan sektor swasta,” imbuhnya.

Bantahan juga disampaikan oleh juru bicara militer Ukraina Serhiy Cherevatyi.

"Ini tidak benar. Unit kami bertempur di Bakhmut,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)