AS Dukung Penyediaan Jet Tempur F-16 ke Ukraina untuk Lawan Rusia

Sabtu, 20 Mei 2023 - 07:17 WIB
loading...
AS Dukung Penyediaan Jet Tempur F-16 ke Ukraina untuk Lawan Rusia
Amerika Serikat mendukung penyediaan jet tempur F-16 untuk Ukraina guna melawan invasi Rusia. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengatakan akan mendukung penyediaan jet tempur canggih, termasuk F-16 buatan Amerika, ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia .

Washington juga mendukung pelatihan pilot Kiev untuk menerbangkannya.

Seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan Presiden Joe Biden telah memberi tahu para pemimpin G7 di Jepang tentang keputusan tersebut.

Presiden Volodomyr Zelensky, yang telah meminta jet tempur selama berbulan-bulan, mengatakan, "Keputusan itu akan sangat meningkatkan pasukan kita di langit."

Persetujuan AS untuk skema tersebut berarti negara lain dapat mengekspor F-16 mereka.



Ini karena AS secara hukum harus menyetujui ekspor ulang peralatan yang dibeli oleh sekutu.

"AS akan mendukung upaya bersama dengan sekutu dan mitra kami untuk melatih pilot Ukraina pada pesawat tempur generasi keempat, termasuk F-16, untuk lebih memperkuat dan meningkatkan kemampuan Angkatan Udara Ukraina," kata seorang pejabat senior Gedung Putih, seperti dikutip BBC, Sabtu (20/5/2023).

“Saat pelatihan berlangsung selama beberapa bulan mendatang, koalisi negara-negara kami yang berpartisipasi dalam upaya ini akan memutuskan kapan benar-benar menyediakan jet, berapa banyak yang akan kami sediakan, dan siapa yang akan menyediakannya," lanjut dia.

Ukraina telah berulang kali melobi sekutu Barat-nya untuk menyediakan jet tempur modern untuk membantu dalam perjuangannya melawan invasi Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)