Senator Top AS Desak Biden Bantu Transfer Jet Tempur F-16 ke Ukraina

Jum'at, 19 Mei 2023 - 10:55 WIB
loading...
Senator Top AS Desak Biden Bantu Transfer Jet Tempur F-16 ke Ukraina
Presiden AS Joe Biden didesak membantu memudahkan transfer jet tempur F-16 oleh negara-negara Eropa ke Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Senator Partai Republik paling senior, Mitch McConnell, mendesak pemerintah Presiden Joe Biden untuk membantu transfer jet tempur F-16 ke Ukraina .

Desakan McConnell merujuk pada laporan bahwa negara-negara Eropa sedang bersiap untuk memberikan jet tempur buatan AS tersebut ke Kiev menjelang serangan balasan terhadap pasukan Rusia.

“Minggu ini, beberapa sekutu terdekat Amerika di Eropa telah melanjutkan persiapan untuk melengkapi Ukraina dengan senjata baru menjelang serangan balasan yang direncanakan, termasuk rudal jelajah jarak jauh dan pesawat tempur buatan Amerika yang memerlukan otorisasi dari Amerika Serikat,” kata McConnell seperti dikutip dari laman Senat Partai Republik, Jumat (19/5/2023).



Presiden AS Joe Biden saat ini berada di Jepang untuk berpartisipasi dalam KTT G-7, dan McConnell mendesak presiden "membersihkan jalan" untuk mentransfer F-16.

“Ketika Presiden Biden bertemu di Jepang dengan mitra ekonomi terkuat kami, saya berharap dia akan membangun dukungan Barat untuk Ukraina dengan membuka jalan untuk transfer F-16, tembakan jarak jauh, dan munisi tandan yang akan membantu kemenangan Ukraina," kata McConnell.

Dia mengatakan mitra-mitra Ukraina perlu bergerak dengan kecepatan relevansi untuk menyetujui transfer senjata dan amunisi yang diminta Kiev untuk membantu merebut kembali wilayah yang direbut oleh pasukan Rusia.

Meskipun memberikan dan menjanjikan miliaran dolar bantuan ekonomi dan militer ke Ukraina, Washington belum setuju untuk memasok jet tempur ke Ukraina.

Tetapi negara-negara Eropa, termasuk Inggris, telah menyatakan minat dan niat untuk mentransfer F-16 buatan AS.

Pejabat AS yang akrab dengan diskusi tersebut mengatakan mereka tidak akan menghalangi pelatihan atau transfer F-16 negara-negara Eropa ke Kiev.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)