Cari Cara Atasi Tantangan Regional, Negara Arab Berkumpul di Jeddah

Jum'at, 19 Mei 2023 - 15:58 WIB
loading...
Cari Cara Atasi Tantangan Regional, Negara Arab Berkumpul di Jeddah
Negara-negara Arab berkumpul di Jeddah untuk mencari solusi tantangan regional. FOTO/Muscat Daily
A A A
JEDDAH - Arab Saudi menjadi tuan rumah bagi para pemimpin dari seluruh dunia Arab yang berkumpul di kota Jeddah pada Jumat (19/5/2023) untuk KTT Arab tahunan. KTT ini digelar untuk mengatasi tantangan regional.

Fokus KTT Arab ke-32 adalah penerimaan kembali Suriah ke Liga Arab, setelah 12 tahun tak mengundang Presiden Suriah Bashar al Assad. Kehadiran Assad juga menjadi puncak dari upaya bertahun-tahun untuk melibatkan kembali Suriah di dunia Arab.



Baru-baru ini Liga Arab mencabut penangguhan keanggotaan Suriah, yang diberlakukan setelah tindakan keras terhadap protes jalanan oleh Assad yang menyebabkan perang saudara di Suriah pada tahun 2011.

KTT juga akan membahas masalah Palestina dan ketegangan saat ini di Jalur Gaza, dengan fokus pada penghancuran properti, penyitaan tanah, pembunuhan yang disengaja, dan kebijakan hukuman kolektif rakyat Palestina.

Pertemuan tersebut akan menyoroti krisis yang dihadapi negara-negara Arab, termasuk konflik Sudan, situasi di Yaman dan Somalia, serta tantangan politik dan keamanan yang melanda Libya dan Lebanon.

KTT itu terjadi setelah pemulihan hubungan Saudi-Iran yang dimediasi China, yang diharapkan Kerajaan Saudi akan memberikan dorongan lebih lanjut untuk perdamaian regional.



KTT tersebut akan membahas penguatan kerja sama antara negara-negara Arab untuk memerangi terorisme, pertukaran informasi antara badan keamanan mengenai kelompok ekstremis, dan perlindungan keamanan nasional Arab untuk menghadapi tantangan ekonomi dan sosial yang serius yang telah mempengaruhi kawasan tersebut, terutama setelah pandemi COVID-19 dan krisis Rusia-Ukraina.

KTT juga akan membahas masalah ketahanan pangan, aktivasi pertukaran perdagangan bebas antara negara-negara Arab, serta krisis energi dan perubahan iklim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)