7 Negara dengan Kekuatan Militer Paling Lemah, Salah Satunya Tak Punya Tentara

Jum'at, 19 Mei 2023 - 16:05 WIB
loading...
A A A
"Sebagai tentara profesional, kalian harus memiliki kepemimpinan yang profesional," katanya. Dia mengatakan, kendala utama tentara Liberia adalah tidak adanya anggaran untuk merekrut banyak tentara.

6. Suriname

7 Negara dengan Kekuatan Militer Paling Lemah, Salah Satunya Tak Punya Tentara

Foto/National Guard

Suriname hanya memiliki 1.800 personel aktif tanpa adanya tentara cadangan. Mereka tidak memiliki pesawat tempur, dan hanya 3 helikopter. Mereka tidak memiliki tank, dan hanya 1.200 kendaraan saja.

Dengan segala keterbatasannya, Suriname berusaha mengatasi tantangan keamanan nasional dan berbagai kejahatan lintas batas. "Kita membuka komunikasi lintas negara untuk emmerangi perdagangan narkotika," ujar Komandan Angkatan Darat
Suriname Guiseppe Kioe A Sen, dilansir dialogo-americas. Dia juga mengatakan, meskipun berjumlah kecil, militer SUrinama memiliki tugas berat mengamankan wilayah yang belum dihuni karena maraknya pertambangan emas ilegal.

7. Islandia

Islandia menjadi negara di Eropa yang tidak memiliki tentara aktif. Mereka juga tak memiliki tank dan pesawat tempur. Bahkan, mereka tidak memiliki kapal untuk melindungi wilayahnya. Namun, Global Fire Power menempatkan kekuatan militer Islandia pada posisi ke-137 dari 145 negara.

Islandia memiliki kerja sama dengan Amerika Serikat (AS) untuk mengirimkan tentaranya. Perjanjian itu disepakati pada 2016 di mana AS akan mengirimkan tentaranya di tempat di negara tersebut selama 10 tahun. Tentara AS sudah menjaga keamanan Islandia sejak Perang Dunia II.

Padahal, Islandia salah satu negara yang mendirikan NATO. Tapi, mereka tidak memiliki satu tentara pun. Islandia juga tidak berencana melanggengkan kehadiran tentara asing di negara tersebut.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)