2 Jet Tempur dan 2 Helikopter Rusia Dilaporkan Ditembak Jatuh Dekat Perbatasan Ukraina

Minggu, 14 Mei 2023 - 13:16 WIB
loading...
2 Jet Tempur dan 2 Helikopter Rusia Dilaporkan Ditembak Jatuh Dekat Perbatasan Ukraina
2 jet tempur dan 2 helikopter Rusia dilaporkan ditembak jatuh dekat perbatasan Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Outlet berita Rusia , Kommersant, melaporkan dua jet tempurMoskowdan dua helikopter militer ditembak jatuh di dekat perbatasan Ukraina di wilayah Bryansk Rusia dalam apa yang akan menjadi operasi militer yang menakjubkan bagi Kiev jika dikonfirmasi.

Kommersant, sebuah harian independen yang berfokus pada bisnis, mengatakan di situs webnya jet tempur Sukhoi Su-34 Rusia, Su-35, dan dua helikopter Mi-8 yang telah membentuk kelompok penyerbuan militer ditembak jatuh hampir bersamaan dalam penyergapan di wilayah Bryansk, yang berbatasan dengan timur laut Ukraina.

“Menurut data awal jet-jet tempur itu seharusnya mengirimkan serangan rudal dan bom ke sasaran di wilayah Chernihiv Ukraina, dan helikopter ada di sana untuk mendukung mereka – antara lain untuk menjemput awak 'Su' jika mereka ditembak jatuh,” lapor outlet media Rusia itu seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (14/5/2023).

Kommersant tidak memberikan bukti untuk laporannya bahwa keempat pesawat itu telah ditembak jatuh oleh pasukan Ukraina, tetapi pernyataan yang sama juga dibuat oleh beberapa blogger militer prowar yang banyak diikuti.

Situs berita Kommersant mengatakan keempat awak tewas.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak segera menanggapi permintaan komentar. Tidak ada tanggapan resmi dari Ukraina, yang biasanya menolak mengomentari laporan serangan di dalam wilayah Rusia, meskipun media sosial pro-Ukraina dibanjiri spekulasi bahwa jatuhnya empat pesawat itu tidak disengaja.

Penasihat senior Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Mykhailo Podolyak, dalam sebuah tweet mengatakan bahwa pesawat Rusia bermaksud untuk meluncurkan serangan bom rudal di wilayah Chernihiv Ukraina tetapi dihancurkan oleh 'orang tak dikenal', yang dia gambarkan sebagai balasan langsung.



"'Pembunuh bersayap' dihancurkan SEBELUM kejahatan berikutnya dilakukan," tulisnya.

Kantor berita negara Rusia TASS melaporkan bahwa pesawat tempur Su-34 Rusia telah jatuh di wilayah itu tetapi tidak menyebutkan penyebabnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)