4 Kapal Tanker yang Pernah Disita Iran, Mayoritas Bermotif Balas Dendam

Sabtu, 13 Mei 2023 - 17:01 WIB
loading...
4 Kapal Tanker yang Pernah Disita Iran, Mayoritas Bermotif Balas Dendam
Kapal tanker berlayar di Selat Hormuz, dekat perbatasan Iran. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Iran berulang kali menyita kapal tanker milik negara lain di kawasan Teluk. Itu sebagai langkah balasan dan upaya memicu perhatian dunia.

Khawatir dengan langkah berbahaya Iran, Amerika Serikat (AS) memperkuat pertahanannya di kawasan Teluk. Pasalnya, Reuters mengungkapkan dalam dua tahun terakhir, sedikitnya 15 kali kapal tanker internasional diganggu oleh Iran.

Maklum, seperlima lalu lintas kapal tanker melalui Teluk Hormuz di perbatasan Iran dan Oman. Itu menjadikan Iran memiliki kesempatan mudah untuk menyita kapal tanker asing yang melalui kawasan tersebut.

Penyitaan kapal tanker asing oleh Iran umumnya bermotif balas dendam. Selain itu, Iran juga kerap melancarkan tuntutan tertentu kepada negara lain agar kapal tanker itu bisa dibebaskan.

Berikut 4 insiden penyitaan kapal tanker asing oleh Iran.



1. Kapal Tanker Hankuk Chemi Berbendera Korea Selatan

4 Kapal Tanker yang Pernah Disita Iran, Mayoritas Bermotif Balas Dendam

Foto/Reuters

Iran pernah menyita kapal tanker milik Korea Selatan Hankuk Chemi pada 4 Januari 2021. Angkatan Laut Iran menyatakan penyitaan kapal tersebut karena masalah polusi kimia yang ditimbulkan kapal tersebut.

Tapi, pemilik kapal tanker itu menolak tudingan tersebut. Kapal itu dibebaskan pada 9 April 2021 setelah Korea Selatan sepakat tidak membekukan aset Iran senilai USD1 miliar yang ditahan di bank milik Korea Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)