7 Teknologi Canggih Dimanfaatkan dalam Perang Ukraina

Kamis, 11 Mei 2023 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Perang Ukraina merupakan perang bersejarah karena kemudahan akses internet menjadikan berbagai peristiwa kerap viral. Tak mengherankan jika perang pun dipublikasikan secara langsung dalam berbagai jenis media sosial. Itu dikarenakan rakyat Ukraina bisa dengan mudah mengakses internet. Semuanya dilakukan untuk meraih simpati dan dukungan.

3. Satelit

7 Teknologi Canggih Dimanfaatkan dalam Perang Ukraina

Foto/Reuters

5.000 satelit Starlink dikirim hanya beberapa hari invasi Rusia ke Ukraina. Untuk membantu rakyat Ukraina terkoneksi internet, satelit menjadi teknologi yang sangat membantu. Perang Ukraina menjadi konflik pertama di dunia di mana citra satelit memainkan peranan penting dalam pergerakan pasukan.

Hingga awal 2023, 25.000 terminal Starlink sudah ditempatkan sebagai pertahanan dan konektivitas. Satelit itu memudahkan militer Ukraina mengendalikan drone.

4. Perang Elektronik

Perang elektronik lebih bertujuan merusak sistem komunikasi, sistem radar, dan sistem berbasis elektronik. Jika berhasil, itu bisa mengganggu operasional drone dan merusak jaringan komunikasi. Pada awal invasi Rusia ke Ukraina, sinyal gangguan dikirim dari Eropa timur dengan satelit untuk mengganggu sistem elektronik.

5. Drone

Sebagian besar drone yang digunakan dalam perang Ukraina cenderung sederhana dan bersifat komersial. Itu menggunakan resolusi tinggi yang tersambung dengan ponsel pintar yang dibawa tentara. Drone itu digunakan untuk operasi intelijen, pemantauan, hingga melancarkan serangan.

6. Hologram VR & 3D
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)