Ukraina Klaim Rusia Tarik Mundur Kapal Perang dari Crimea, Takut Jadi Sasaran Rudal

Sabtu, 06 Mei 2023 - 13:14 WIB
loading...
Ukraina Klaim Rusia Tarik Mundur Kapal Perang dari Crimea, Takut Jadi Sasaran Rudal
Ukraina klaim Rusia tarik kapal perang dari Crimea karena takut jadi sasaran rudal serangan balasan. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Rusia telah memindahkan sebagian besar kapal perang Armada Laut Hitamnya dari pangkalan utamanya di Crimea ke perairan yang lebih aman di wilayah Rusia. Hal itu diungkapkan seorang pejabat senior intelijen militer Ukraina.

Wakil kepala intelijen militer Ukraina, Mayor Jenderal Vadym Skibitsky, para pertengahan minggu ini mengatakan dalam wawancara dengan saluran TV Kyiv bahwa Kremlin telah memutuskan untuk merelokasi kapal karena takut akan serangan rudal.

Menurut terjemahan komentar Skibitsky oleh outlet online Ukrainska Pravda, Komando Tinggi Angkatan Laut Rusia telah menugaskan kembali sebagian besar kapal Armada Laut Hitam dari Sevastopol kembali ke kota Novorossiysk Rusia.



"Kami melihat bahwa Rusia takut. Pangkalan di Sevastopol dan fasilitas militer lainnya sekarang dijaga ketat; penjajah melengkapi posisi untuk melindungi dari serangan terhadap infrastruktur ini," kata Skibitsky, menurut Ukrainska Pravda seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (6/5/2023).

Skibitsky menetapkan bahwa kapal perang dipindahkan sekitar 220 mil dari Sevastopol ke Novorossiysk.

The Kyiv Post menggambarkan Novorossiysk, yang terletak di pantai timur Laut Hitam di wilayah Kuban selatan Rusia, sebagai jauh dari jangkauan kemungkinan situs peluncuran rudal anti-kapal di wilayah yang dikuasai Ukraina.



Newsweek belum dapat memverifikasi secara independen bahwa kapal Armada Laut Hitam telah berpindah lokasi.

Markas utama resmi Armada Laut Hitam terletak di Sevastopol, kota terbesar di Crimea dan menjadi lokasi sejumlah serangan pesawat tak berawak dalam beberapa pekan terakhir.

Meskipun Ukraina belum mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, Mikhail Razvozhayev — gubernur Sevastopol yang diangkat oleh Kremlin — mengatakan Kiev berada di balik serangan tersebut, yang dilaporkan menyebabkan kebakaran besar di depot minyak di daerah tersebut padahariSabtu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2427 seconds (0.1#10.140)