Deretan Senjata Nuklir Milik Negara Anggota BRICS

Rabu, 03 Mei 2023 - 16:04 WIB
loading...
Deretan Senjata Nuklir Milik Negara Anggota BRICS
Deretan senjata nuklir milik negara anggota BRICS. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - BRICS adalah akronim dari lima negara yang merupakan negara berkembang terdepan di dunia. Mereka adalah Brasil, Rusia, India, Chinta, dan Afrika Selatan (Afsel).

Sejatinya, BRICS bukanlah aliansi keamanan layaknya NATO. Meski begitu, keberadaan Rusia, China dan India yangmerupakanperwakilan kekuatan nuklir dunia membuat kekuatan militer dari organisasi ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Berikut adalah deretan senjata nuklir milik anggota BRICS

1.Rudal RS-28 Sarmat Rusia

Deretan Senjata Nuklir Milik Negara Anggota BRICS

Foto: The Barrent Observer

Rudal ini dinamai Setan II oleh NATO dan telah dikembangkan sejak tahun 2018. Rudal balistik antarbenua (ICBM) ini mempunyai kemampuan yang mengerikan karena diklaim mampu menembus semua sistem pertahanan.

Selain itu, Sarmat mampu membawa muatan 10 ton dengan berbagai macam pilihan hulu ledak. Hulu ledak ini bisa dikombinasikan dengan berbagai muatan seperti hulu ledak penanggulangan arau kendaraan luncur hipersonik.

Sarmat juga dapat memuat hingga 10 ledak besar atau 16 hulu ledak yang lebih kecil

Rudal ini mempunyai kecepatan sekitar 16.000 kilometer per jam. Dengan kecepatan yang dimiliki, rudal ini digadang-gadang dapat melenyapkan Inggris dalam kurun waktu 6 menit.

2. Dongfeng-41 (DF-41) China

Deretan Senjata Nuklir Milik Negara Anggota BRICS

Foto: Military Leak

Sejatinya China memiliki begitu banyak rudal Dongfeng atau disingkat menjadi DF. Salah satunya adalah rudal balistik antara benua Dongfeng-41.

Rudal ini mampu mencapai jarak hingga 14 ribu km dan bisa membawa 10 hulu ledak nuklir independen

Ini membuatnya bisa menghantam bagian mana pun di dunia dan menjadijakannya sebagai rudal jarak jauh dengan jangkauan terjauh di dunia.

3. Rudal Agni-V India

Deretan Senjata Nuklir Milik Negara Anggota BRICS

Foto: Hindustan Times

Rudal balistik antarbenua (ICBM) yang dikembangkan oleh India Defense Research and Development Organization (DRDO) pada 2008 ini melakuan uji coba pertamanya pada April 2012.

Rudal ini mampu menempuh jarak 5.000 kilometer dan mampu mencapai ketinggian maksimum 600 kilometer.

Memiliki panjang 17,5 meter dengan diameter 2 meter, serta memiliki massa peluncuran 50 ribu kilogram, Agni-V mampu memuat nuklir 10 ribu kilogram.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)