Kehidupan Pemimpin Jihad Islam Khader Adnan: Penangkapan, Mogok Makan, dan Protes

Rabu, 03 Mei 2023 - 00:45 WIB
loading...
Kehidupan Pemimpin Jihad Islam Khader Adnan: Penangkapan, Mogok Makan, dan Protes
Seorang pemimpin kelompok Jihad Islam Palestina, Khader Adnan, meninggal setelah melakukan mogok makan selama 86 hari di penjara Israel. Foto/Al Jazeera
A A A
JAKARTA - Pejabat penjara Israel mengatakan tahanan Palestina Khader Adnan,salah satu pemimpinkelompok Jihad Islam Palestina, telah meninggal di penjara Israel setelah hampir tiga bulan melakukan mogok makan.

Al Jazeera melaporkan pihak keluarga sebelumnya telah memperingatkan, setelah 80 hari tidak makan, bahwa hidup Adnan dalam bahaya.

Pengacara Adnan mengatakan kondisi Adnan semakin memburuk dan mereka telah meminta otoritas Israel untuk merawatnya.

Kantor berita AFP melaporkan seorang petugas medis dari kelompok Dokter untuk Hak Asasi Manusia Israel, yang telah mengunjungi ayah sembilan anak di penjara minggu ini, memperingatkan bahwa dia menghadapi kematian yang akan segera terjadi sambil menyerukan agar dia segera dipindahkan ke rumah sakit.



Layanan Penjara Israel mengatakan Adnan menolak untuk menjalani tes medis serta menerima perawatan medis dan ditemukan tidak sadarkan diri di selnya.

Adnan (45) memulai aksi mogok makan tak lama setelah ditangkap pada 5 Februari.

Selama bertahun-tahun, dia telah berulang kali ditangkap oleh Israel dan menjadi simbol ketabahan dalam menghadapi pendudukan Israel ketika dia mulai melakukan mogok makan yang lama lebih dari satu dekade yang lalu.

Adnan ditangkap 12 kali dan menghabiskan sekitar delapan tahun di penjara Israel, sebagian besar di bawah apa yang disebut aturan penahanan administratif. Aturan ini memberikan Israel kekuasaan untuk menahan warga Palestina dengan "bukti rahasia" untuk interval enam bulan yang dapat diperbarui tanpa pengadilan atau dakwaan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)