Kehidupan Pemimpin Jihad Islam Khader Adnan: Penangkapan, Mogok Makan, dan Protes

Rabu, 03 Mei 2023 - 00:45 WIB
loading...
A A A
Selama mogok makan, Randa menjadi juru bicara Adnan yang enggan menjawab panggilan telepon dan wawancara.

“Saya memiliki kewajiban untuk menanggapi media… Dulu, dia ada di media… sekarang, saya juru bicaranya,” katanya.

2014

Adnan ditangkap pada 8 Juli ketika tentara membawanya dari rumahnya. Untuk ke-10 kalinya dalam hidupnya, dia ditempatkan di bawah “penahanan administratif”.

Randa dan anak-anaknya beberapa kali mengajukan izin Israel untuk mengunjunginya di penjara, tetapi mereka ditolak dengan alasan “keamanan”.

2015

Adnan melancarkan aksi mogok makan tanpa batas waktu pada 4 Mei dan ditempatkan di bawah pengawasan medis di sebuah klinik di penjara Ramla Israel beberapa minggu kemudian.

“Kami sangat mengkhawatirkan kesehatannya saat ini… Kami tahu dia bisa mati jika tidak dilakukan sesuatu,” kata Randa kepada Al Jazeera saat itu.

“Kami telah diberitahu bahwa dia tidak dapat berdiri sendiri atau berjalan dan dia dibelenggu di ranjang rumah sakit.”

Beberapa minggu kemudian, pemerintah Israel menyetujui undang-undang yang mengizinkan pemaksaan makan tahanan yang mogok makan jika hidup mereka dalam bahaya.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Israel saat itu Gilad Erdan mengatakan para tahanan yang mogok makan, yaitu warga Palestina, merupakan “ancaman” bagi Israel.

Israel membebaskan Adnan dari penjara pada 12 Juli menyusul kesepakatan di mana dia setuju untuk mengakhiri pemogokannya. Dia disambut oleh puluhan kerabat dan pendukung yang bersorak setibanya di Arrabeh.

2017

Pada pagi hari tanggal 11 Desember, pasukan Israel masuk ke rumah Adnan dan menangkapnya. Sebelum penangkapan, tentara Israel memukuli, memborgol dan menginterogasi Adnan di sebuah ruangan tertutup di dalam rumahnya.

Begitu pasukan membawanya pergi, Adnan langsung melancarkan aksi mogok makan.

2021

Pada 5 Mei, Adnan ditangkap setelah dihentikan oleh pasukan Israel di sebuah pos pemeriksaan militer dekat Nablus dan ditahan, kata istrinya kepada media lokal.

2023

Adnan ditangkap lagi pada 5 Februari, dan dia melakukan mogok makan tak lama kemudian. Dia meninggal pada hari ke-88.

Randa mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa suaminya ditahan di sebuah klinik di penjara Ramla di Israel tengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)