Pejuang Gaza Tembakkan Roket setelah Pemimpin Jihad Islam Meninggal di Penjara Israel

Selasa, 02 Mei 2023 - 21:01 WIB
loading...
Pejuang Gaza Tembakkan Roket setelah Pemimpin Jihad Islam Meninggal di Penjara Israel
Tokoh Jihad Islam Palestina Khader Adnan meninggal di penjara Israel. Foto/REUTERS
A A A
JALUR GAZA - Pejuang Gaza menembakkan roket pada Selasa (2/5/2023) setelah kematian tokoh Jihad Islam Palestina Khader Adnan dalam tahanan Israel.

Khader Adnan telah melakukan mogok makan selama hampir tiga bulan.

Serangan roket lintas perbatasan terjadi setelah kematian Khader Adnan, yang melakukan mogok makan sejak penahanannya oleh pasukan Israel di Tepi Barat pada bulan Februari.

Layanan penjara Israel mengumumkan kematian seorang tahanan yang berafiliasi dengan Jihad Islam, yang "ditemukan pagi ini di selnya tidak sadarkan diri."

Berita itu segera diikuti oleh tembakan roket ke Israel, menurut seorang jurnalis AFP yang menyaksikan. Militer Israel melaporkan tiga roket "jatuh di area terbuka."

Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh menyebut kematian Adnan digambarkan sebagai "pembunuhan yang disengaja" oleh Israel.



"Dengan menolak permintaannya untuk pembebasannya, mengabaikannya secara medis dan menahannya di selnya, meskipun kondisi kesehatannya serius," ungkap pernyataan perdana menteri Palestina.

Adnan (45) adalah orang Palestina pertama yang meninggal sebagai akibat langsung dari mogok makan, menurut Klub Tahanan Palestina.

“Tahanan Palestina lainnya telah meninggal sebagai akibat dari upaya untuk memberi mereka makan secara paksa," papar direktur kelompok advokasi, Qaddura Faris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)