Purnawirawan Laksamana Desak Turki Tinggalkan NATO, Ini Alasannya

Selasa, 02 Mei 2023 - 05:01 WIB
loading...
Purnawirawan Laksamana Desak Turki Tinggalkan NATO, Ini Alasannya
Purnawirawan Laksamana Cem Gurdeniz dari Turki. Foto/gif.org.tr
A A A
ANKARA - Turki menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada tahun 1952 di tengah awal Perang Dingin. Namun, banyak yang mempertanyakan tujuan memasuki blok yang jelas-jelas militeristik ini.

“Barat menimbulkan ancaman yang lebih besar bagi Turki, dengan mempertimbangkan dukungannya terhadap upaya menciptakan negara separatis Kurdi,” klaim purnawirawan Laksamana Cem Gurdeniz. Dia menambahkan Ankara harus segera keluar dari NATO.

Mengacu pada awal perang klandestin oleh Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang diciptakan Ankara pada tahun 1984, organisasi teroris Gurdeniz menyatakan negara-negara Barat tidak mendukung Turki dalam konflik yang sedang berlangsung.

"Berapa ribu orang telah tewas di tenggara Turki sejak 1984, berapa banyak masalah yang dimiliki Turki di daerah lain, tetapi kami tidak menerima dukungan apa pun dari NATO atau UE," ungkap pensiunan laksamana itu.



Dia menambahkan, “Pernyataan tentang Turki yang dibuat otoritas UE atau Senat AS memperjelas siapa teman kita dan siapa musuh kita.”

Laksamana Turki menyuarakan keprihatinannya bahwa NATO mungkin menyeret Ankara ke dalam konflik melalui krisis Ukraina.

Dia menuduh dalam kasus ini, Turki akan dipaksa untuk menutup selat untuk Rusia dan ini akan menjadi awal untuk konflik skala penuh antara Rusia dan NATO dengan penggunaan senjata nuklir taktis.

Gurdeniz percaya Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyadari risikonya, tetapi dia adalah "boneka Amerika", dan itulah mengapa dia buru-buru mengakui Ukraina ke NATO.

Dia juga menyatakan AS telah "menggunakan" Ankara sejak 1945 dan sebelumnya Inggris memperlakukan Turki dengan cara yang sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)