Kematian Gajah di Kebun Binatang Karachi Pakistan Tuai Kecaman

Minggu, 23 April 2023 - 22:00 WIB
loading...
Kematian Gajah di Kebun Binatang Karachi Pakistan Tuai Kecaman
Kematian Gajah di Kebun Binatang Karachi Pakistan Tuai Kecaman. FOTO/Reuters
A A A
KARACHI - Noor Jehan, seekor gajah di Kebun Binatang Karachi, Pakistan yang mati karena penyakitnya, memunculkan kembali kritik terhadap kebun binatang negara itu. Gajah itu mati pada Sabtu (22/4/2023), meski ada upaya untuk merawatnya.

Gajah berusia 17 tahun yang sakit kritis telah jatuh ke kolam bulan ini. Binatang malang itu dan tidak dapat bangun tanpa bantuan.



"Setelah berjuang selama 9 hari, dia menyerah pada kondisi kritisnya. Dia menghabiskan terlalu lama berbaring di tanah - situasi yang mengancam jiwa gajah," ungkap Four Paws, organisasi kesejahteraan hewan internasional.

Organisasi ini telah memberi nasihat kepada dokter hewan lokal dan internasional tentang perawatan gajah tersebut. "Memilukan bahwa dia harus meninggal pada usia 17 tahun, ketika dia bisa memiliki lebih banyak tahun," ujar Dokter hewan Four Paws, Amir Khalil.

Khalil mengatakan, Kebun Binatang Karachi tidak memenuhi standar internasional. Ia mendesak agar Madhubala, gajah sehat yang tersisa di kebun binatang, dipindahkan ke tempat yang lebih sesuai spesies untuk memberinya kesempatan hidup yang lebih baik.

Noor Jehan adalah seekor gajah Afrika, yang umur rata-ratanya adalah 60 hingga 70 tahun. Sebelumnya, dalam beberapa tahun terakhir dua singa mati karena sesak napas di Pakistan setelah pawang mencoba mengeluarkan mereka dari sarangnya menggunakan asap, dan sejumlah anak harimau putih telah mati.



Direktur Kebun Binatang Karachi diberhentikan bulan ini karena keluhan kelalaian. Pengadilan pada tahun 2020 memerintahkan penutupan Kebun Binatang Islamabad, tempat gajah Kaavan disimpan.

Selebriti Amerika Cher, setelah bertahun-tahun berusaha membebaskan Kaavan, datang ke Pakistan untuk mengantarnya pindah ke tempat perlindungan Kamboja.

Kritik luas yang dihadapi oleh pihak berwenang setelah kondisi Noor Jehan - dengan gambar dia terbaring tak berdaya di sisinya - telah menyebabkan laporan di media lokal bahwa Kebun Binatang Karachi mungkin akan ditutup secara permanen.

Four Paws mengatakan menyambut baik proposal ini, menambahkan bahwa ini bisa menjadi titik balik bagi kesejahteraan hewan liar di penangkaran di Pakistan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)