Jack Ma Terima Gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Hong Kong

Minggu, 23 April 2023 - 16:00 WIB
loading...
Jack Ma Terima Gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Hong Kong
Jack Ma Terima Gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Hong Kong. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Jack Ma , pendiri raksasa teknologi China Alibaba, telah diangkat menjadi profesor bisnis kehormatan di Universitas Hong Kong. Hal itu diumumkan kampus top di Hong Kong tersebut, Jumat (21/4/2023).

Seperti dilaporkan AFP, penunjukan itu dilakukan beberapa minggu setelah miliarder itu membuat penampilan publik yang jarang terjadi di China, menyusul kejatuhannya selama tindakan keras pemerintah terhadap industri teknologi lebih dari dua tahun lalu.



Ma tidak menonjolkan diri sejak akhir 2020, ketika pidatonya yang menyerang regulator China diikuti oleh Beijing yang menghentikan IPO yang direncanakan oleh afiliasi Alibaba, Ant Group. Rekor denda USD2,75 miliar kemudian dikenakan pada Alibaba karena dugaan praktik bisnis yang tidak adil.

Universitas Hong Kong pada hari Jumat mengatakan, Ma telah menerima gelar profesor kehormatan dari sekolah bisnisnya. Seorang juru bicara lembaga mengatakan, pihaknya menyambut baik Ma berbagi "pengetahuan dan pengalamannya yang kaya dalam inovasi dan pengembangan bisnis".

Jabatan profesor memiliki masa jabatan tiga tahun yang berakhir pada Maret 2026, menurut media lokal. Situs web sekolah sekarang memuat profil Ma yang menonjolkan keahliannya dalam "manajemen dan strategi".

Pada 2018, universitas yang sama memberi Ma gelar doktor kehormatan. Namun, Ma "tidak memiliki rencana untuk kuliah umum atau pidato", menurut South China Morning Post, sebuah surat kabar berbahasa Inggris yang berbasis di Hong Kong yang dimiliki sepenuhnya oleh Alibaba.



Yayasan Jack Ma, sebuah organisasi amal yang didirikan oleh miliarder pada tahun 2014, mengatakan kepada Post bahwa "setelah absen dari dunia pendidikan, Tuan Ma berharap untuk kembali ke kehidupan kampus".

Ma sebelumnya mengajar bahasa Inggris selama delapan tahun di Universitas Hangzhou Dianzi di provinsi Zhejiang, China timur, sebelum dia meluncurkan Alibaba. Dia juga mendirikan sebuah pusat kewirausahaan di Zhejiang pada tahun 2015 bersama dengan beberapa bisnis kelas berat China.

Lembaga itu awalnya bernama Universitas Hupan tetapi istilah "universitas" dihapus dari namanya pada tahun 2021 di tengah pertengkaran Ma dengan otoritas China.

Ma telah terlihat di sejumlah lokasi di seluruh dunia selama dua tahun terakhir, termasuk di pulau Mallorca, Spanyol, dan dilaporkan tinggal di Jepang hampir sepanjang tahun 2022.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)