Diplomat Top UE Serukan Angkatan Laut Eropa Patroli di Selat Taiwan

Minggu, 23 April 2023 - 12:28 WIB
loading...
A A A


Sementara itu, presiden Guatemala, Alejandro Giammattei, berangkat pada hari Sabtu untuk berkunjung ke Taiwan karena pulau itu ingin menopang hubungan diplomatiknya dengan negara-negara Amerika Latin.

“Kami akan pergi ke Taiwan untuk mengirim pesan yang jelas kepada dunia bahwa negara-negara memiliki hak untuk mengatur diri sendiri,” kata Giammattei dalam sebuah video yang diposting online.

Dalam kunjungannya dari Senin hingga Kamis, Giammattei dijadwalkan berpidato di kongres Taiwan dan mengunjungi perusahaan teknologi di Taichung, selatan Taipei. Dia akan menghadiri acara yang mempromosikan kopi Guatemala, menurut kantor presiden Taiwan.

Giammattei mengumumkan perjalanan itu dua minggu setelah dia menyambut Presiden Taiwan di Guatemala City, di mana dia menjanjikan bantuan berkelanjutan untuk “mitra demokrasi”.

Presiden Taiwan kemudian melakukan perjalanan ke negara tetangga Belize, satu-satunya negara Amerika Tengah lainnya yang mempertahankan hubungan diplomatik dengan Taiwan sejak Honduras mengalihkan kesetiaannya ke China pada bulan Maret.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)