Menlu China: Kedua Sisi Selat Taiwan Adalah Milik Tiongkok

Jum'at, 21 April 2023 - 14:45 WIB
loading...
Menlu China: Kedua Sisi Selat Taiwan Adalah Milik Tiongkok
Menlu China: Kedua Sisi Selat Taiwan Adalah Milik Tiongkok. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Menteri Luar Negeri China , Qin Gang mengatakan pada Jumat (21/4/2023), bahwa kedua sisi Selat Taiwan adalah milik China. Menurutnya, China berhak dan pantas untuk menegakkan kedaulatannya.

Seperti dilaporkan Reuters, Qin membuat pernyataan di Forum Lanting di Shanghai. Dalam forum itu, ia membahas berbagai topik, mulai dari utang, ekonomi global, dan Taiwan.



“Baru-baru ini ada retorika absurd yang menuduh China menjungkirbalikkan status quo, mengganggu perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” kata Qin. "Logikanya tidak masuk akal dan kesimpulannya berbahaya," lanjutnya.

Menurutnya, orang yang berpikiran adil dapat melihat siapa yang terlibat dalam intimidasi hegemonik dan praktik yang berpikiran tinggi.

“Ini bukan daratan Tiongkok, tetapi pasukan separatis kemerdekaan Taiwan dan beberapa negara berusaha mengganggu status quo,” kata Qin. “Mereka yang bermain api di Taiwan pada akhirnya akan membuat diri mereka sendiri terbakar,” tambahnya.



China baru-baru ini mengadakan latihan militer di sekitar pulau yang diperintah sendiri setelah presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, kembali ke Taipei setelah pertemuan di Los Angeles dengan Ketua Dewan Perwakilan AS Kevin McCarthy.

Beijing memandang Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri, klaim yang ditolak keras oleh pemerintah di Taipei, dan secara rutin mengecam pertemuan tingkat tinggi antara pemimpin dan pejabat Taiwan dan asing.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)