Senjata Tempur Andalan Mesir

Jum'at, 21 April 2023 - 07:16 WIB
loading...
Senjata Tempur Andalan Mesir
Senjata tempur andalan Mesir. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sejak kudeta militer tahun 2013 yang membawa Presiden Abdel Fattah al-Sisi berkuasa, Mesir telah membangun militernya dengan membeli senjata dan mendiversifikasi sumber mereka.

Menurut situs pemeringkat militer dunia, Global Power, kekuatan militer Mesir berada di posisi 14 atau persis berada di bawah Indonesia. Sebagai negara yang masuk dalam kelompok 15 negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia, sudah pasti militer Mesir dilengkapi dengan peralatan tempur yang mumpuni.

Berikut adalah deretan senjata tempur andalan Mesir.

1. Tank T-90

Senjata Tempur Andalan Mesir

Foto: UPI

Mesir diketahui memboyong tank buatan Rusia ini pada tahun 2020 lalu. Tank yang dijuluki raja perang darat itu mempunyai spesifikasi yang tidak main-main.

Menurut Army Recognition, tank T-90 merupakan pengembangan lebih lanjut dari T-72B Main Battle Tank (MBT), dengan peningkatan daya tembak, mobilitas dan perlindungan.

T-90 dipersenjatai dengan meriam smoothbore dua sumbu 125mm 2A46M yang distabilkan. Selain itu, ada juga senapan mesin PKT 7,62 mm yang dipasang secara koaksial dengan meriam utama, dan satu senapan mesin anti-pesawat NSVT 12,7 mm dipasang di kubah komandan.

Untuk amunisinya sendiri, tank ini dibekali dengan amunisi proyektil penusuk lapis baja yang dapat melumpuhkan berbagai target keras, dan dapat menargetkan helikopter yang terbang rendah.

Terdapat tiga sistem perlindungan yang diusung tank ini, dimulai dari lapisan baja komposit di turret untuk berlindung dari serangan peluru, armor yang dapat meredam ledakan untuk bertahan dari ledakan ranjau, hingga sistem yang dapat bertahan dari senjata pemusnah massal seperti nuklir.

Tank andalan Rusia ini ditenagai dengan mesin Diesel multi-bahan bakar berjenis V-84MS 12 silinder yang menghasilkan 840 hp.

T-90 sendiri merupakan tank pertama yang dilengkapi dengan sistem penanggulangan optoelektronik Shtora-1, yang memungkinkan kendaraan terhindar dari sistem laser musuh.

2. Jet Tempur Dassault Rafale

Senjata Tempur Andalan Mesir
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)