10 Tradisi Unik saat Idulfitri di Berbagai Negara

Rabu, 19 April 2023 - 08:17 WIB
loading...
A A A
Setelah salat, orang-orang biasanya berjabat tangan dan mengucapkan "Eid Mubarak" kepada satu sama lain, yang berarti "Selamat Idulfitri".

Selain sholat Idulfitri, tradisi menyantap hidangan khas Idulfitri seperti ketupat, rendang, daging kambing panggang, dan hidangan berbahan dasar kurma juga sangat populer di Arab Saudi.

4. Turki: Bayramlik


Bayramlik adalah baju baru yang dikenakan pada Hari Raya Idulfitri di Turki. Baju baru ini biasanya diberikan oleh orangtua kepada anak-anak mereka, dan sering kali dibeli di pasar-pasar khusus yang dibuka selama bulan Ramadan.

10 Tradisi Unik saat Idulfitri di Berbagai Negara


Istilah "Bayramlik" berasal dari kata "bayram" yang berarti "perayaan", dan "lik" yang berarti "pakaian". Bayramlik merujuk pada pakaian khusus yang dikenakan oleh orang-orang Turki pada Hari Raya Idulfitri.

Bayramlik biasanya terdiri dari baju koko atau jas, celana panjang, dan topi khas Turki yang disebut sebagai "takke".

Baju koko dan jas biasanya berwarna cerah seperti putih atau biru muda, dan sering dihiasi dengan motif bunga atau garis-garis yang cantik.

Takke yang dikenakan biasanya berwarna hitam atau putih dan dihiasi dengan kaligrafi atau motif tradisional Turki.

5. Pakistan: Shemagh


Shemagh atau kadang-kadang disebut sebagai kaffiyeh adalah jenis kain yang berasal dari Timur Tengah dan Asia Selatan, termasuk Pakistan.

10 Tradisi Unik saat Idulfitri di Berbagai Negara
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)