Pejabat Ukraina: Serangan Balik Hanya Masalah Waktu

Rabu, 19 April 2023 - 05:38 WIB
loading...
Pejabat Ukraina: Serangan Balik Hanya Masalah Waktu
Pejabat Ukraina menyatakan serangan balik hanya tinggal masalah waktu. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Kepala Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina mengatakan bahwa Kiev tidak akan meluncurkan serangan balasan musim semi yang telah lama ditunggu-tunggu jika formasi penyerangannya tidak siap dan menekankan bahwa hanya pemerintah yang akan memutuskan kapan operasi itu akan dimulai.

Oleksiy Danilov mengatakan kepada The Associated Press (AP) bahwa "hanya masalah waktu" sebelum serangan balik Kiev berikutnya, yang diharapkan Ukraina dan mitra asingnya akan dapat membebaskan wilayah pendudukan yang signifikan, seperti yang dilakukan operasi ofensif sebelumnya di utara Kiev, di Kherson di selatan, dan sekitar Kharkiv di timur.

"Jika kita tidak siap, maka tidak ada yang akan memulai tanpa persiapan," kata Danilov.

Pemerintah dan militer bersiap selama akhir pekan dan tanpa waktu istirahat, pejabat itu menambahkan, mengatakan kepada AP: "Tidak ada liburan dalam perang."

"Ini hanya soal waktu. Kali ini datang dengan harga yang sangat mahal bagi kami," ujarnya seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (19/4/2023).

Ukraina telah menghabiskan waktu berbulan-bulan mengumpulkan amunisi dan platform senjata — termasuk kendaraan lapis baja berat dari mitra NATO - menjelang serangan balasan yang diharapkan. Ribuan tentara Ukraina juga menjalani pelatihan di pangkalan-pangkalan yang tersebar di negara-negara anggota NATO, karena Kiev terus maju dalam upayanya untuk memodernisasi dan mengkhususkan pasukannya.



Tetapi Rusia juga telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mempersiapkan benteng di daerah-daerah yang kemungkinan besar akan melihat serangan baru Ukraina. Di antara opsi yang terbuka untuk Kiev adalah serangan di front selatan di sekitar Kherson dan Zaporizhzhia menuju Crimea, dorongan lebih dalam ke wilayah Luhansk barat laut, atau serangan balik di wilayah Donetsk timur, yang selama berbulan-bulan telah menjadi salah satu bagian paling panas dari front tersebut.

Kiev berharap puluhan tank NATO akan memberikan pasukannya keunggulan dalam pertempuran yang akan datang, meskipun skala dan kecepatan pengiriman telah membuat Ukraina frustrasi. Begitu juga dengan penolakan terus-menerus dari negara-negara NATO — yang dipimpin oleh AS — untuk menyediakan Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat jarak jauh dan jet tempur buatan Barat.

Mitra asing, kata Danilov kepada AP, berjanji satu hal dan melakukan hal yang sama sekali berbeda, meskipun dia tidak merinci apa yang dia maksud. Secara keseluruhan, Danilov mengatakan persediaan senjata Ukraina saat ini akan cukup untuk mengekang Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)