Perang Terus Berkecamuk di Sudan, Lebih dari 180 Orang Tewas

Selasa, 18 April 2023 - 23:01 WIB
loading...
A A A
Kekerasan itu telah meningkatkan momok perang saudara ketika warga Sudan berusaha menghidupkan kembali dorongan untuk pemerintahan sipil yang demokratis setelah puluhan tahun pemerintahan militer.

Seruan Gencatan Senjata

Perserikatan Bangsa-Bangsa, Amerika Serikat, dan sejumlah pihak lainnya telah menyerukan gencatan senjata. Mesir, yang mendukung militer Sudan, dan Arab Saudi serta Uni Emirat Arab – yang menjalin hubungan dekat dengan RSF karena mengirim ribuan pejuang untuk mendukung perang di Yaman – juga menyerukan kedua belah pihak untuk mundur.

Pada hari Senin, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres kembali meminta pihak yang bertikai untuk segera menghentikan permusuhan" memperingatkan bahwa eskalasi lebih lanjut dapat menghancurkan negara dan kawasan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang menghadiri pertemuan G7 di Jepang, berbicara melalui telepon dengan Burhan dan Dagalo secara terpisah dan menggarisbawahi urgensi mencapai gencatan senjata, menurut wakil juru bicara utama Departemen Luar Negeri, Vedant Patel.

Dalam pernyataan bersama pada hari Selasa, para menteri luar negeri G7 mengutuk pertempuran itu.

"Kami mendesak para pihak untuk segera mengakhiri permusuhan tanpa prasyarat," kata para menteri luar negeri G7, menyerukan mereka untuk kembali ke negosiasi dan mengurangi ketegangan.

Sementara itu, tentara Sudan menyatakan RSF sebagai kelompok pemberontak dan memerintahkan pembubarannya pada Senin.

Karena pertempuran tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, Dagalo di Twitter menyerukan masyarakat internasional untuk campur tangan melawan al-Burhan, mencapnya sebagai "Islamis radikal yang membom warga sipil dari udara".



Dalam pernyataan langka sejak pertempuran berkobar, al-Burhan mengatakan kepada Al Jazeera pada hari Sabtu bahwa dia terkejut dengan Pasukan Pendukung Cepat yang menyerang rumahnya dan bahwa apa yang terjadi seharusnya mencegah pembentukan pasukan di luar tentara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)