Hampir Tembak Jatuh Pesawat Inggris, Rusia-NATO Selangkah Lagi Perang Habis-habisan

Senin, 10 April 2023 - 06:57 WIB
loading...
Hampir Tembak Jatuh Pesawat Inggris, Rusia-NATO Selangkah Lagi Perang Habis-habisan
Rusia dan NATO selangkah lagi perang habis-habisan setelah jet tempur Moskow hampir tembak jatuh pesawat mata-mata Inggris. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Rusia dan NATO hanya selangkah lagi dari potensi perang habis-habisan tahun lalu setelah jet tempurMoskow hampir menembak jatuh pesawat mata-mata Inggris.

Itu diungkap Washington Post dalam laporan hari Minggu (9/4/2023), mengutip dokumen baru dari "harta karun" bocoran dokumen rahasia Pentagon.

Menurut laporan tersebut, insiden yang terjadi pada akhir September 2022 itu diduga jauh lebih serius daripada yang diakui London sebelumnya.

Kembali keOktober 2022, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace memberi tahu Parlemen tentang insiden itu, menambahkan bahwa Moskow menyalahkan masalah teknis dan London menerima penjelasan tersebut.



Dokumen tersebut, yang dilihat oleh Washington Post, menggambarkannya sebagai “hampir jatuhnya RJ Inggris”—mengacu pada moniker "River Joint" yang umum untuk pesawat mata-mata RC-135 yang digunakan untuk mengumpulkan transmisi radio dan pesan elektronik.

Inggris mengatakan pada bulan Oktober lalu bahwa pesawat itu telah dicegat oleh dua pesawat tempur Su-27 Rusia di atas Laut Hitam, dengan salah satu dari mereka melepaskan rudal di dekat pesawat Inggris.

Menurut laporan Washington Post, insiden tersebut berpotensi memicu Pasal 5 Perjanjian NATO, kemungkinan mengarah pada keterlibatan langsung pasukan NATO dalam konflik di Ukraina, atau bahkan konflik langsung antara Moskow dan blok militer Barat.

Masih menurut laporan Washington Post, baik Amerika Serikat (AS), Inggris, maupun Rusia tidak mengomentari isi dokumen yang bocor itu.

Dokumen itu juga menyatakan bahwa AS mengambil pendekatan yang lebih hati-hati terhadap misi pengintaian di wilayah Laut Hitam dan khususnya mengatakan kepada Angkatan Udaranya untuk menjauh dari Semenanjung Crimea.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)