Capres Taiwan: Perang Juga Akan Membawa Bencana ke China

Minggu, 16 April 2023 - 19:30 WIB
loading...
Capres Taiwan: Perang Juga Akan Membawa Bencana ke China
Capres Taiwan: Perang Juga Akan Membawa Bencana ke China. FOTO/Reuters
A A A
TAIPEI - Perang memperebutkan Taiwan akan membawa "malapetaka global" yang sulit ditanggung China . Hal itu diungkapkan calon presiden dari Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa di Taiwan, William Lai, Sabtu (15/4/2023).

China, yang memandang Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, menggelar latihan perang di sekitar pulau itu bulan ini. Beijing mengungkapkan kemarahannya pada pertemuan di Los Angeles antara Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Kevin McCarthy.



China mengatakan, telah menguji serangan presisi dan blokade terhadap Taiwan, yang pemerintahnya mengecam latihan tersebut dan menolak klaim teritorial Beijing.

Berbicara di sebuah acara kampanye di Tainan, Taiwan selatan, Lai, yang saat ini menjabat sebagai wakil presiden Taiwan, mengatakan perang tidak akan menghasilkan pemenang, sesuatu yang ia harap dipahami dengan baik oleh China.

"China harus menyadari dengan jelas, bahwa begitu perang diluncurkan di Taiwan. Taiwan diakui akan langsung dirugikan tetapi, itu juga akan menyebabkan bencana global yang sulit ditanggung oleh China," kata Lai, menurut komentar yang diberikan oleh DPP, seperti dikutip dari Reuters.

Lai resmi menjadi calon presiden dari partai itu pekan ini. Setelah dua masa jabatan, Tsai secara konstitusional dilarang mencalonkan diri lagi dalam pemilihan Januari mendatang.



Partai oposisi utama Taiwan, Kuomintang, atau KMT, secara tradisional mendukung hubungan dekat dengan China dan telah berulang kali mengkritik DPP karena memusuhi dan memusuhi Beijing.

Lai mengatakan, karena China tidak meninggalkan penggunaan kekuatan atas Taiwan, pulau itu harus menyiapkan pertahanannya, tetapi mencatat tidak ada yang mau "mengambil inisiatif untuk menyerang China".

Dia mengatakan dia tidak akan mengabaikan kesempatan untuk berdamai, menegaskan kembali seruan Tsai untuk berdialog dengan China berdasarkan kesetaraan dan rasa hormat.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)