Lebih dari 200 Imigran Nekat Berenang ke Spanyol

Jum'at, 25 Desember 2015 - 23:08 WIB
Lebih dari 200 Imigran Nekat Berenang ke Spanyol
Lebih dari 200 Imigran Nekat Berenang ke Spanyol
A A A
MADRID - Otoritas Maroko dan kantor berita Spanyol mengatakan, lebih dari 200 imigran mencoba berenang ke Spanyol melalui wilayah kantong di daerah Afrika utara, Ceuta. Alhasil, 180 orang dari mereka selamat tiba di Spanyol, dua orang tenggelam, 12 terluka dan ratusan lainnya berhasil dicegat sebelum sampai ke tanah Spanyol.

Dikutip dari laman The Washington Post, Jumat (25/12/2015), sumber-sumber pemerintah daerah Maroko dan media milik negara, MAP, mengatakan, para imigran nekat berenang pada pukul 02.00 waktu setempat, namun 104 orang berhasil diberhentikan oleh pasukan Maroko.

Sedangkan stasiun televisi Spanyol, TVE, menunjukkan gambar para imigran yang tiba di Negeri Matador tengah dibantu oleh tim penyelamat. Dilaporkan, sekitar 180 imigran telah tiba di Spanyol dengan selamat dan beberapa diantaranya bahkan telah memanjat pagar perbatasan.

Ribuan imigran Afrika mencoba untuk memasuki daerah-daerah kantong Spanyol di Ceuta dan Melilla setiap tahunnya. Para imigran berharap dapat mendapatkan kehidupan yang lebih baik di Eropa.

Pemerintah Spanyol sendiri sebelumnya sempat mengatakan 15 orang tenggelam saat mencoba mencapai wilayah Ceuta pada tahun lalu.

Menurut Organisasi Internasional untuk Imigrasi, jumlah pengungsi dan imigran yang tiba di Uni Eropa melalui jalur darat dan laut telah menyentuh angka 1 juta tahun ini. Selain itu, sebanyak 3.700 orang meninggal atau hilang dalam usahanya menyebrang ke Eropa.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6516 seconds (0.1#10.140)