Dokumen Rahasia Pentagon Bocor, China Tuntut Penjelasan AS

Kamis, 13 April 2023 - 16:23 WIB
loading...
Dokumen Rahasia Pentagon Bocor, China Tuntut Penjelasan AS
Dokumen rahasia Pentagon bocor, China tuntut penjelasan dari AS. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Kementerian Luar Negeri China menyinggung skandal yang terungkap akibat kebocoran informasi intelijen Pentagon di tengah upaya badan-badan Amerika Serikat (AS) menahan kejatuhan hubungan diplomatik. Dokumen yang bocor tersebut diduga mengungkap sejauh mana AS memata-matai sekutu dan mitra utama, termasuk Korea Selatan dan Israel.

“Kami mencatat bahwa banyak media telah menunjukkan bahwa dokumen militer AS yang bocor ini dengan jelas menunjukkan keterlibatan mendalam AS dalam krisis Ukraina," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin.

"Mereka juga menunjukkan sekali lagi bahwa AS telah lama menggunakan keunggulan teknologinya untuk melakukan pencurian rahasia tanpa pandang bulu, pengawasan dan penyadapan di negara-negara di dunia, termasuk sekutunya," sambungnya seperti dikutip dari RT, Kamis (13/4/2023).

Lusinan dokumen rahasia AS telah bocor di dunia maya dalam beberapa pekan terakhir, dalam pelanggaran keamanan yang dimaksudkan untuk mengungkap pengumpulan intelijen Washington terhadap teman dan musuhnya.

“AS perlu memberikan penjelasan kepada komunitas internasional untuk hal ini,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China.



“Fakta telah membuktikan sekali lagi bahwa apa yang disebut 'nilai-nilai demokrasi' yang diklaim oleh AS hanyalah dalih dan alat untuk AS untuk mencari keuntungan egois,” ia menambahkan.

Kumpulan dokumen sensitif pertama tampaknya muncul secara online pada awal Februari, tetapi tidak menarik perhatian media secara luas hingga minggu lalu. Pejabat AS tidak mengkonfirmasi atau menyangkal keaslian dokumen tersebut, namun mengklaim bahwa beberapa di antaranya telah dipalsukan.

Washington juga meluncurkan beberapa penyelidikan dan penyelidikan kriminal atas kebocoran tersebut, sambil berjuang untuk menghapus file dari internet.

Satu memo yang bocor, dilaporkan berdasarkan sinyal intelijen, memberikan perincian tentang diskusi internal di antara pejabat tinggi Korea Selatan, yang diduga menyuarakan keprihatinan bahwa amunisi yang dijual Seoul ke AS pada akhirnya dapat dikirim ke Ukraina. Pejabat Seoul menolak gagasan aksi mata-mata AS dan menyebutnya sebagai "rekayasa."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)