Korut Tembakkan Rudal setelah Kim Jong-un Janji Tingkatkan Persenjataan Nuklir

Kamis, 13 April 2023 - 06:48 WIB
loading...
Korut Tembakkan Rudal setelah Kim Jong-un Janji Tingkatkan Persenjataan Nuklir
Korea Utara tembakkan rudal balistik ke arah laut setelah Kim Jong-un berjanji untuk meningkatkan persenjataan nuklir. Foto/KCNA via REUTERS/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik ke arah laut pada Kamis (13/4/2023) pagi.

Manuver ini hanya berselang beberapa hari setelah pemimpinnya, Kim Jong-un , berjanji untuk meningkatkan persenjataan nuklir dengan cara yang lebih praktis dan ofensif.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, seperti dikutip AP, mengonfirmasi bahwa rudal balistik telah ditembakkan militer Korea Utara pagi ini. Namun, militer Seoul tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut, seperti seberapa jauh rudal itu terbang dan jenis misil apa yang ditembakkan Korea Utara.

Ini adalah yang terbaru dari rentetan peluncuran rudal yang dilakukan Korea Utara tahun ini untuk memprotes latihan perang gabungan Korea Selatan-Amerika Serikat (AS)—yang dipandang Pyongyang sebagai latihan untuk invasi.



Selama pertemuan militer Senin, Kim Jong-un meninjau rencana serangan garis depan negara itu dan berbagai dokumen pertempuran. "Dan menekankan perlunya memperkuat penangkal nuklirnya dengan cara meningkatkan kecepatan dengan cara yang lebih praktis dan ofensif," tulis media pemerintah Korea Utara, KCNA.

KCNA melaporkan bahwa pertemuan tersebut membahas masalah yang tidak ditentukan terkait dengan penguatan kapasitas pertahanan dan penyempurnaan persiapan perang untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh latihan militer saingannya.

Korea Utara telah lama berpendapat bahwa latihan perang gabungan yang dipimpin AS di Semenanjung Korea adalah bukti permusuhan Washington terhadap Pyongyang.

Pyongyang mengatakan pihaknya terpaksa mengembangkan senjata nuklir untuk menghadapi ancaman militer AS, meskipun para pejabat AS dan Korea Selatan dengan tegas mengatakan mereka tidak berniat menyerang Korea Utara.

Ada kekhawatiran bahwa Korea Utara akan melakukan uji coba senjata nuklir pertamanya dalam lebih dari lima tahun sejak meluncurkan hulu ledak nuklir jenis baru awal bulan ini. Para pakar asing telah memperdebatkan apakah Korea Utara telah mengembangkan hulu ledak kecil dan cukup ringan untuk muat di rudal.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)