Bocoran Dokumen Pentagon Sebut Negara Pro-Rusia Ini Setuju Persenjatai Ukraina

Kamis, 13 April 2023 - 04:23 WIB
loading...
Bocoran Dokumen Pentagon Sebut Negara Pro-Rusia Ini Setuju Persenjatai Ukraina
Bocoran dokumen Pentagon menyatakan Serbia setuju untuk mempersenjatai Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Salah satu negara pro-Rusia di Eropa, Serbia , disebut telah berjanji untuk mengirimkan senjata ke Ukraina atau telah melakukannya. Hal itu berdasakan dokumen rahasia Pentagon yang bocor ke publik.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (13/4/2023), salah satu dokumen yang bocor itu adalah kumpulan posisi negara-negara Eropa dalam menyediakan senjata dan pelatihan dari awal Maret. Dokumen itu berjudul "Tanggapan terhadap Konflik Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung.

Dokumen ini memberikan posisi yang dinilai dari masing-masing negara dengan tanda centang atau tanda silang.

"Serbia dinilai telah menyediakan atau berkomitmen untuk memberikan bantuan mematikan," begitu bunyi laporan itu seperti dikutip dari media Inggris tersebut.



Serbia juga dilaporkan memiliki kemampuan militer dan kemauan politik untuk menyediakan senjata di masa depan.

Dokumen Pentagon tentang kontribusi Eropa itu diberi tanda "Rahasia/Noforn", yang artinya tidak boleh diperlihatkan kepada warga negara asing mana pun, termasuk sekutu.

Kementerian Luar Negeri Serbia belum mengomentari dokumen tersebut, tetapi berita tersebut akan menimbulkan kontroversi politik di negara yang secara tradisional mendukung Rusia, yang secara konsisten mendukung Beograd dalam perang Balkan tahun 1990-an.

Dalam jajak pendapat tahun lalu, 66% orang Serbia mengatakan mereka percaya Rusia sebagai "sahabat terbaik" negara mereka, menjadikan Serbia sebagai orang asing di dunia dalam hal itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2124 seconds (0.1#10.140)