Video Tentara Ukraina Dipenggal: Kremlin Minta Verifikasi, Wagner Sangkal Sebagai Pelaku

Kamis, 13 April 2023 - 02:12 WIB
loading...
Video Tentara Ukraina Dipenggal: Kremlin Minta Verifikasi, Wagner Sangkal Sebagai Pelaku
Kremlin meminta video pemenggalan tentara Ukraina diverifikasi, sementara kelompok tentara bayaran Rusia Wagner menyangkal sebagai pelaku. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kremlin mengatakan video pemenggalan tentara Ukraina harus diperiksa keaslian. Itu menanggapi beredarnya dua video yang memperlihatkan kekejian itu beredar di media sosial dalam seminggu terakhir.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan video tersebut mengerikan, tetapi pertama-tama, perlu diverifikasi keasliannya.

“Tentu saja, ini adalah tembakan yang mengerikan. Maka itu mungkin menjadi alasan untuk memeriksa apakah ini benar atau tidak, apakah ini terjadi dan, jika demikian, dari mana dan dari pihak mana," kata Peskov seperti dikutip dari CNN, Kamis (13/4/2023).

Sedangkan pemimpin kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner Group, menyangkal pihaknya berada di belakang video itu.



Pemimpin perusahaan militer swasta itu, Yevgeny Prigozhin, membantah bahwa para tentaranya terlibat dalam video mengerikan itu.

“Saya telah menonton video ini. Itu buruk ketika kepala orang dipenggal, tetapi saya belum menemukan apa pun yang mendukung bahwa ini terjadi di dekat Bakhmut dan para tentara Wagner berpartisipasi dalam eksekusi," katanya dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh perusahaannya.

Prigozhin menanggapi pertanyaan tentang video yang diposting ke saluran media sosial pro-Rusia pada 8 April, yang tampaknya menunjukkan mayat dua tentara Ukraina yang dipenggal tergeletak di tanah di samping kendaraan militer yang hancur.

Akun media sosial Rusia mengatakan video itu diambil di dekat Bakhmut di Ukraina timur, yang telah menjadi tempat pertempuran paling sengit selama berbulan-bulan, dengan para pejuang Wagner sangat terlibat.

CNN tidak dapat mengonfirmasi lokasi video itu secara independen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)