Negara-negara yang Disebut dalam Dokumen Pentagon yang Bocor

Rabu, 12 April 2023 - 13:05 WIB
loading...
Negara-negara yang Disebut dalam Dokumen Pentagon yang Bocor
Tentara Ukraina berada di atas kendaraan lapis baja. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Dokumen Pentagon atau dokumen rahasia milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) bocor. Tentunya, kebocoran dokumen itu memberikan ancaman tersendiri bagi keamanan nasional AS.

Ada beberapa negara yang disebut dalam dokumen rahasia itu. Berikut beberapa negara yang disebut dalam dokumen Pentagon.

1. Rusia


Rusia menjadi salah satu negara yang terdapat dalam dokumen Pentagon. Dokumen itu memberikan informasi terkait beberapa hal yang menyangkut militer Rusia. Pasukan Rusia disebut sudah mengakui kemundurannya.

Dalam dokumen Pentagon, diketahui bahwa Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Staf Umum Militer sudah menarik pasukannya di Ukraina timur pada Februari. Selain itu, Rusia juga sudah menurunkan kemampuan tempurnya.

Selanjutnya, dokumen Pentagon juga memberikan data adanya 43 ribu tentara Rusia pada awal 2023 tewas akibat perang melawan Ukraina.

Jika digabung dengan jumlah tentara Rusia yang mengalami luka-luka, maka jumlahnya menjadi 189.500 hingga 223.000 orang.

Keterangan lain dalam dokumen penting itu menyebut bahwa anggota intel AS berhasil masuk ke setiap badan militer Rusia, tak terkecuali Wagner Group yang merupakan kelompok tentara bayaran Rusia.

2. Ukraina


Selain Rusia, Ukraina juga disebut dalam dokumen Pentagon AS yang bocor. Informasi tersebut berisikan kekuatan militer Ukraina usai setahun berjibaku melawan Rusia di medan perang.

Melansir laman The Washington Post, dokumen itu menunjukkan beberapa titik lemah dalam pertahanan militer Ukraina, serta adanya potensi masalah pasokan amunisi.

Dengan kata lain, AS menyampaikan kepesimisannya bahwa Ukraina bisa memenangi perang tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)