Rusia Tuding AS Buat Komponen Senjata Biologis di Ukraina

Rabu, 12 April 2023 - 07:20 WIB
loading...
Rusia Tuding AS Buat Komponen Senjata Biologis di Ukraina
Petugas memeriksa sejumlah sampel berbahaya di laboratorium. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Amerika Serikat (AS) menggunakan Ukraina untuk membuat komponen senjata biologis. Peringatan itu diungkapkan Komandan Pasukan Pertahanan Nuklir, Biologi, dan Kimia Rusia Letnan Jenderal Igor Kirillov saat memberi pengarahan kepada Duma Negara pada Selasa (11/4/2023).

Letnan Jenderal Igor Kirillov mengatakan militer Rusia menemukan banyak bukti tentang hal ini di Donetsk, Luhansk, dan Kherson.

“Kami tidak ragu bahwa AS, dengan kedok memastikan keamanan hayati global, melakukan penelitian penggunaan ganda, termasuk pembuatan komponen senjata biologis, di dekat perbatasan Rusia,” papar Kirillov kepada anggota parlemen Rusia.

Dia mengatakan militer sampai pada kesimpulan ini setelah mewawancarai banyak saksi mata dan memeriksa sekitar 2.000 halaman dokumentasi yang ditemukan di Wilayah Kherson dan Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk. Penyelidikan juga melibatkan satuan tugas parlemen dan penegak hukum federal.



Moskow menyuarakan keprihatinan atas jaringan laboratorium rahasia yang didanai AS di Ukraina pada minggu-minggu awal konflik, dan sejak itu sering membuat bukti publik tentang program tersebut.

Pemerintah AS mengkonfirmasi keberadaan berbagai laboratorium itu Maret lalu, tetapi bersikeras itu tidak ilegal atau dimaksudkan untuk tujuan militer, meskipun faktanya sebagian besar dana mereka disalurkan melalui Pentagon.

Menurut Kirillov, penyelidikan telah mengidentifikasi individu tertentu yang terlibat dalam penelitian bio militer di wilayah AS dan Ukraina.

Dia juga mencatat fakta yang dipublikasikan oleh Kementerian Pertahanan Rusia tidak diperdebatkan.

“Tidak seorang pun, termasuk negara-negara Barat, yang meragukan keaslian dokumen yang diterbitkan,” papar sang jenderal.

Moskow membawa masalah laboratorium biologi (biolab) ke PBB Oktober lalu, meminta penyelidikan internasional, tetapi mosi itu diblokir AS, Inggris, dan Prancis di Dewan Keamanan.

Program di Ukraina sebelumnya dikenal sebagai “Penelitian biologis bersama” tetapi sejak itu telah diganti namanya menjadi “Penelitian kontrol biologis”, menurut dokumen yang disajikan Kirillov pekan lalu.

AS menyalahkan dugaan "kampanye disinformasi Rusia" atas meningkatnya pengawasan publik terhadap biolab itu.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)