Bill Clinton Menyesal Sudah Lucuti Ribuan Senjata Nuklir Ukraina

Kamis, 06 April 2023 - 15:37 WIB
loading...
Bill Clinton Menyesal Sudah Lucuti Ribuan Senjata Nuklir Ukraina
Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton menyesal sudah ikut melucuti ribuan senjata nuklir Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton menyesal sudah menekan Kiev pada 1990-an untuk menandatangani sebuah perjanjian yang mendorong Ukraina agar menyerahkan ribuan senjata nuklir warisan Soviet.

“Saya tahu bahwa Presiden [Rusia Vladimir] Putin tidak mendukung perjanjian yang dibuat oleh Presiden [Boris] Yeltsin,” kata Clinton dalam sebuah wawancara dengan media Irlandia, merujuk pada Perjanjian Budapest 1994.

Menuduh Putin melanggar perjanjian dengan memasukkan kembali Crimea ke Rusia setelah kudeta yang didukung AS di Kiev pada 2014, Clinton mengatakan dia merasa tidak enak tentang bagaimana peristiwa itu terjadi.

“Saya merasa tidak enak karena Ukraina adalah negara yang sangat penting dan saya merasa taruhan pribadi karena saya membuat mereka setuju untuk menyerahkan senjata nuklir mereka dan tidak ada dari mereka yang percaya bahwa Rusia akan melakukan aksi ini jika Ukraina masih memiliki senjata tersebut," kata Clinton, yang dilansir Sputnik, Kamis (6/4/2023).



Mantan presiden Amerika itu mendorong AS dan Eropa untuk terus mendukung Ukraina dalam perang proksi NATO-Rusia yang sedang berlangsung, dan mengatakan jika ingin ada perdamaian, itu harus sesuai dengan persyaratan Kiev.

"Mungkin akan tiba waktunya ketika pemerintah Ukraina percaya bahwa mereka dapat memikirkan perjanjian damai yang dapat mereka jalani, tetapi saya tidak berpikir kita semua harus memotong dan menjalankannya," kata Clinton.

Komentar tersebut adalah yang kedua kalinya dalam setahun mantan presiden AS itu menimpali bagaimana kebijakan pemerintahannya membantu menyebabkan krisis saat ini di Ukraina, dan dalam hubungan Rusia-AS.

April lalu, Clinton mengatakan bahwa dia telah membuat keputusan yang “benar” untuk memperluas NATO pada 1990-an, dengan mengatakan kekhawatirannya saat itu adalah bukan tentang kembalinya Rusia ke komunisme, tetapi tentang kembali ke ultranasionalisme, menggantikan demokrasi dan kerja sama dengan aspirasi ke kekaisaran, seperti Peter the Great dan Catherine the Great.

Dalam artikel op-ed tahun 1997 di New York Times, George Kennan, penulis "doktrin penahanan" tahun 1940-an melawan Uni Soviet, memperingatkan bahwa dorongan ekspansi aliansi NATO ke arah timur akan menjadi kesalahan kebijakan Amerika yang paling menentukan di seluruh dunia pasca-era Perang Dingin, merusak kepercayaan dengan Rusia, dan mendorong kebijakan luar negeri Rusia ke arah yang tidak disukai Amerika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)