China Sebut Kesepakatan Pangkalan Militer Filipina-AS Bahayakan Perdamaian Regional

Rabu, 05 April 2023 - 07:04 WIB
loading...
China Sebut Kesepakatan Pangkalan Militer Filipina-AS Bahayakan Perdamaian Regional
China Sebut Kesepakatan Pangkalan Militer Filipina-AS Bahayakan Perdamaian Regional. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - China memperingatkan bahwa Washington "membahayakan perdamaian dan stabilitas regional" dengan kesepakatan baru yang memperluas akses pasukan Amerika Serikat (AS) ke pangkalan militer di Filipina.

"Karena kepentingan pribadi, AS mempertahankan mentalitas zero-sum dan terus memperkuat penempatan militernya di kawasan itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning, seperti dikutip dari AFP.



"Hasilnya pasti akan meningkatkan ketegangan militer dan membahayakan perdamaian dan stabilitas kawasan," tambahnya.

“Negara-negara di kawasan harus memikirkan secara mendalam tentang apa yang pantas dan apa yang saling menguntungkan, sehingga dapat membuat pilihan yang benar-benar bermanfaat bagi kepentingan mereka sendiri dan bagi perdamaian dan stabilitas kawasan,” lanjut Ning.

Sebelumnya, di awal pekan ini, Filipina mengumumkan lokasi empat pangkalan militer tambahan yang akan digunakan oleh pasukan AS, dengan satu lokasi di dekat Laut China Selatan yang dipersengketakan dan lokasi lainnya tidak jauh dari Taiwan.

Para sekutu perjanjian lama itu sepakat pada Februari untuk memperluas kerja sama di "kawasan strategis" Filipina saat mereka berusaha untuk melawan ketegasan Beijing yang tumbuh atas Taiwan yang diperintah sendiri dan pembangunan pangkalannya di Laut China Selatan.



Perjanjian Kerja Sama Pertahanan yang Ditingkatkan 2014, yang dikenal sebagai EDCA, memberi pasukan AS akses ke lima pangkalan Filipina.

Perjanjian itu kemudian diperluas menjadi sembilan, tetapi lokasi dari empat pangkalan baru dirahasiakan hingga Senin sementara pemerintah berkonsultasi dengan pejabat setempat.

“Keempat lokasi tersebut telah dinilai oleh militer Filipina dan dianggap "cocok dan saling menguntungkan," kata Kantor Komunikasi Kepresidenan di Manila dalam sebuah pernyataan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)