Negara-negara yang Menjalin Hubungan Diplomatik dengan Indonesia

Selasa, 04 April 2023 - 15:41 WIB
loading...
Negara-negara yang Menjalin Hubungan Diplomatik dengan Indonesia
Menlu Korsel Park Jin bertemu Menlu RI Retno Marsudi dalam pertemuan bilateral di Nusa Dua, Bali, Kamis, 7 Juli 2022. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki hubungan kerja sama yang baik dengan banyak negara. Hubungan diplomatik ini bahkan sudah mulai terjalin sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Tujuan Indonesia menjalin hubungan diplomatik dengan negara lain adalah untuk membangun relasi yang dapat memberikan keuntungan bagi kedua negara.

Ada beberapa prinsip yang dilakukan Indonesia dalam menjalin hubungan dengan negara lain, seperti tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, menjunjung tinggi nilai-nilai saling menghormati, menolak penggunaan kekerasan, dan mengutamakan konsensus dalam proses pengambilan keputusan.

Melansir dari laman Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, kemlu.go.id, saat ini Indonesia telah menjalin kerja sama bilateral dengan 162 negara serta satu teritori.

Negara-negara yang menjalin kerja sama dengan Indonesia ini terbagi menjadi delapan kawasan yaitu Afrika, Timur Tengah, Asia Timur dan Pasifik, Asia Selatan dan Tengah, Amerika Utara dan Tengah, Amerika Selatan dan Karibia, Eropa Barat, dan Eropa Tengah dan Timur).

Berikut Daftar Sejumlah Negara yang Memiliki Hubungan Diplomatik dengan Indonesia


1. Afghanistan

2. Afrika selatan

3. Aljazair

4. Amerika Serikat

5. Arab Saudi
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)