Spesifikasi Rosomak, Kendaraan Tempur Finlandia yang Diborong Ukraina

Senin, 03 April 2023 - 17:01 WIB
loading...
Spesifikasi Rosomak, Kendaraan Tempur Finlandia yang Diborong Ukraina
Rosomak adalah kendaraan lapis baja yang dibuat di Polandia, namun berada di bawah lisensi Finlandia. Foto/odessa journal
A A A
KIEV - Ukraina telah memesan 100 kendaraan lapis baja Rosomak. Diketahui, Rosomak adalah kendaraan lapis baja yang dibuat di Polandia, namun berada di bawah lisensi Finlandia.

Hal tersebut diutarakan oleh Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki, Sabtu (1/4/2023).

“Saya membawa pesanan yang dilakukan kemarin oleh Perdana Menteri Ukraina Denys Shmhal untuk 100 Rosomaks yang akan dibuat di sini,” ujar Morawiecki ketika berkunjung ke lokasi pembuatan Rosomak di Kota Siemianowice Slaskie, Polandia Selatan.

Mateusz Morawiecki mengatakan, pesanan Rosomak akan dibiayai melalui dana yang diterima Polandia dari Uni Eropa dan Amerika Serikat untuk Ukraina.

Namun dirinya tidak memberikan rincian atau keseluruhan biaya kontrak. Amerika Serikat serta sekutunya telah memberikan Ukraina dana hingga senjata setelah Rusia menginvasi Ukraina sejak Februari 2022.



Kendaraan lapis baja serbaguna 8x8 yang diproduksi di bawah lisensi dari Patria Finlandia ini mempunyai panjang 7,7 meter, lebar 2,8 meter serta tinggi 2,3 meter.

Rosomak yang memulai layanan sejak 2003 diproduksi perusahaan Polandia, WZM SA (Wojskowe Zaklady Mechaniczne Siemianowice Spolka Akcyjna).

Mempunyai berat 22.000 kilogram, Rosomak ditenagai oleh mesin diesel Scania DI 12 yang menghasilkan 480 hp dengan pengaturan semua roda 8x8 konvensional.

Di jalan raya, Rosomak dapat mencapai 100 kilometer per jam dengan jangkauan 800 kilometer. Hal tersebut menjadikannya platform yang mobile untuk operasi militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)