Jerman Tolak Berikan Tank Tambahan untuk Ukraina

Minggu, 02 April 2023 - 09:55 WIB
loading...
A A A
Menurut Pistorius, Berlin dan sekutu Eropanya berkomitmen untuk mengirimkan dua batalion Leopard 2, atau lebih dari 60 kendaraan. Dia menegaskan kembali bahwa tahun depan negara-negara Uni Eropa (UE) juga akan memasok lebih dari 100 tank Leopard 1 model lama.



Pejabat Ukraina akhir tahun lalu menyatakan bahwa Kiev membutuhkan setidaknya 300 tank modern, serta ratusan kendaraan lapis baja dan artileri lainnya. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bulan ini memperingatkan bahwa Kiev tidak dapat melancarkan serangan balasan yang efektif terhadap pasukan Rusia tanpa senjata Barat dalam jumlah yang cukup.

Beberapa negara Eropa telah berjuang untuk menemukan cukup tank yang dapat disumbangkan ke Ukraina. Swiss bulan lalu mengungkapkan bahwa Jerman telah secara resmi memintanya untuk menjual sejumlah tank Leopard 2 yang dinonaktifkan kembali ke pabrikan Jerman Rheinmetall sehingga Berlin dapat mengisi kembali stoknya sendiri.

Sementara itu media Jerman melaporkan bahwa, karena masalah peralatan, Bundeswehr kurang siap untuk menjalankan sebagian komitmennya sebagai anggota NATO.

Cakupan bantuan militer Jerman menuai kritik dari negara tetangga Polandia, yang perdana menterinya, Mateusz Morawiecki, pekan lalu berpendapat bahwa Berlin tidak "bermurah hati seperti seharusnya" dalam hal menyumbangkan senjata ke Ukraina.

Moskow mengatakan bahwa pasokan senjata Barat akan memperpanjang konflik tetapi tidak akan mengubah arah atau hasilnya. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov telah memperingatkan bahwa tank yang dipasok NATO akan "terbakar" di medan perang.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2432 seconds (0.1#10.140)