Kremlin: Tujuan Moskow Tak Akan Tercapai Lewat Gencatan Senjata di Ukraina

Sabtu, 01 April 2023 - 20:40 WIB
loading...
Kremlin: Tujuan Moskow Tak Akan Tercapai Lewat Gencatan Senjata di Ukraina
Kremlin: Tujuan Moskow Tak Akan Tercapai Lewat Gencatan Senjata di Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia mengatakan pada Jumat (31/3/2023), bahwa gencatan senjata di Ukraina tidak akan memungkinkan Moskow mencapai tujuan "operasi militer khusus" saat ini.

Kremlin bereaksi setelah Presiden Belarusia Alexander Lukashenko - sekutu terdekat Rusia - menyerukan gencatan senjata segera, tanpa prasyarat. Ia juga mendesak Moskow dan Kiev untuk memulai negosiasi penyelesaian perdamaian yang langgeng.



Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan, bahwa Rusia telah mencatat komentar Lukashenko dan bahwa Presiden Vladimir Putin akan membahasnya dengannya minggu depan.

Namun dia mengatakan tujuan Rusia di Ukraina tidak dapat dicapai saat ini melalui penghentian pertempuran. "Dalam hal Ukraina, tidak ada yang berubah, operasi militer khusus terus berlanjut karena hari ini satu-satunya cara di depan kami untuk mencapai tujuan kami," kata Peskov, seperti dikutip dari Reuters.

Dia mengatakan, bagian dari rencana yang diusulkan oleh China untuk perdamaian di Ukraina "tidak dapat direalisasikan saat ini, karena keengganan - atau lebih tepatnya ketidakmampuan - pihak Ukraina untuk tidak mematuhi pengawas dan komandan mereka".

Itu mengacu pada klaim Moskow - tidak didukung oleh bukti - bahwa pendukung Barat Ukraina telah memerintahkan Kiev untuk tidak melakukan gencatan senjata. "Para komandan ini, seperti yang kita ketahui, tidak duduk di Kiev dan bersikeras agar perang berlanjut," kata Peskov.



Rusia telah mengatakan terbuka untuk perdamaian, tetapi telah menjelaskan bahwa ini hanya akan sesuai dengan ketentuannya. Dikatakan Kiev harus menerima "realitas baru" di lapangan, di mana Rusia telah merebut dan mengklaim telah mencaplok lebih dari seperenam wilayah Ukraina.

Ukraina mengatakan, Rusia harus menarik pasukannya sebagai pendahulu untuk setiap kesepakatan damai, dan mengatakan setiap gencatan senjata sementara hanya akan memungkinkan Rusia berkumpul kembali untuk aksi militer di masa depan.

Moskow mengatakan, Amerika Serikat dan sekutunya menggunakan Ukraina sebagai bagian dari "perang hibrida" di mana mereka bertujuan untuk menimbulkan kekalahan strategis di Rusia. Ukraina dan Barat mengatakan klaim Rusia adalah dalih tak berdasar untuk membenarkan invasinya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)